ANALISIS ISI IKLAN PERGURUAN TINGGI DI SKH KEDAULATAN RAKYAT (Analisis Isi Iklan Perguruan Tinggi Pra - Pasca Pengumuman SBMPTN 2016 di SKH Kedaulatan Rakyat Tanggal 28 Mei - 30 Juli 2016)

Thoriq Perdana Kusuma, Fauzan (2017) ANALISIS ISI IKLAN PERGURUAN TINGGI DI SKH KEDAULATAN RAKYAT (Analisis Isi Iklan Perguruan Tinggi Pra - Pasca Pengumuman SBMPTN 2016 di SKH Kedaulatan Rakyat Tanggal 28 Mei - 30 Juli 2016). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Banyaknya perguruan tinggi di D.I Yogyakarta menimbulkan persaingan dalam mendapatkan mahasiswa baru. Salah satu cara mendapatkan mahasiswa baru adalah dengan beriklan memanfaatkan momentum seperti pengumuman SBMPTN 2016 di SKH Kedaulatan Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penjelasan mengenai isi pesan kreatif iklan perguruan tinggi yang banyak ditemukan di SKH Kedaulatan Rakyat memanfaatkan momentum pengumuman SBMPTN 2016. Metode yang digunakan untuk mengungkap isi pesan tersebut adalah dengan analisis isi, yaitu teknik penelitian untuk memaparkan isi yang dinyatakan secara objektif, sistematis, dan kuantitatif. Untuk teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Teori A-T-R (Awareness, Trial, Reinforcement). Populasi pada penelitian ini sebanyak 152 iklan perguruan tinggi yang muncul pada tanggal 28 Mei hingga 30 Juli 2016 kemudian untuk sampel penelitian diambil 67 iklan untuk diteliti karena iklan hanya berupa pengulangan dengan konten dan isi yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan perguruan tinggi digunakan sebagai sarana penyalur informasi yang dibutuhkan calon mahasiswa baru berkaitan dengan jalur penerimaan dan daftar program studi. Iklan perguruan tinggi berbeda dengan iklan pada umumnya yaitu tidak bersifat persuasif seperti iklan komersil pada umumnya dan tidak termasuk dalam iklan layanan masyarakat. Hasil tersebut menunjukkan bahwa instansi pendidikan memiliki ciri dan gaya tersendiri dalam beriklan. Iklan perguruan tinggi memiliki pesan yang mudah dipahami dan secara keseluruhan pesan yang ingin disampaikan sesuai dengan tujuan iklan tersebut. Keseluruhan iklan perguruan tinggi yang ditemukan memiliki keragaman kreatifitas yang mampu memberikan kesadaran terhadap khalayak akan adanya informasi mengenai perguruan tinggi, sehingga mampu memberikan respon positif sesuai dengan yang diharapkan dari sebuah iklan. Kata kunci: Iklan, perguruan tinggi, SBMPTN 2016, SKH Kedaulatan Rakyat xvi ABSTRACT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Apr 2017 02:35
Last Modified: 28 Apr 2017 02:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11950

Actions (login required)

View Item View Item