PENGARUH KNOз BERBAGAI KONSENTRASI DAN MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH KEMIRI SUNAN (Aleurites moluccana, L. Willd)

Yulianto, Sanyoto (2017) PENGARUH KNOз BERBAGAI KONSENTRASI DAN MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH KEMIRI SUNAN (Aleurites moluccana, L. Willd). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Kemiri Sunan (Aleurites moluccana, L. Willd) adalah tanaman asli IndoMalaysia dan sudah diintroduksi ke Kepulauan Pasifik. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Mei 2016 sampai Juli 2016 di kebun percobaan program studi Agroteknologi, Fakultas, Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi bahan kimia KNO₃ dan komposisi media tanam yang tepat serta mengetahui interaksi perlakuan KNO₃ dan perlakuan media tanam terhadap pertumbuhan benih kemiri sunan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor yaitu Konsentrasi KNO3 dan media tanam. Konsentrasi yang digunakan 0,1% KNO₃, 0,2% KNO₃, 0,3% KNO₃, 0,4% KNO₃, faktor yang kedua komposisi media tanam yang digunakan adalah Tanah(kontrol), tanah + kompos, tanah + kompos + arang sekam, masingmasing dengan perbandingan yang sama. Data dianalisis dengan analisis ragam berdasarkan uji F 5% jika berpengaruh nyata dilanjutkan dengan uji DMRT 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada perlakuan perendaman berbagai konsentrasi KNO₃ yang paling berpengaruh memebantu meningkatkan pertumbuhan kemiri sunan adalah konsentrasi KNO₃ 0,3% yang ditunjukan pada parameter tinggi tanaman umur 3, 6, 9 dan 12 minggu, pada parameter terlihat bahwa konsentrasi (K3) 0,3% KNO₃ lebih tinggi dari pada konsetrasi (K1) 0,1% KNO₃, (K2) 0,2% KNO₃, (K4) 0,4% KNO₃. Pada perlakuan berbagai media tanam yang paling berpengaruh nyata membantu meningkatkan pertumbuhan bibit kemiri sunan adalah (T2) (tanah + kompos + arang sekam) yang ditunjukan pada parameter luas daun, volume akar dan bobot basah bibit, perlakuan (T2) tanah + kompos + arang sekam memiliki rerata persentase daya kecambah lebih tinggi dibandingkan (T0) tanah(kontrol), (T1) tanah + kompos. Tidak ada interaksi antara perlakuan berbagai konsentrasi KNO₃ dan berbagai media tanam Kata kunci : Kemiri sunan, KNO3, Media tanam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Apr 2017 06:50
Last Modified: 19 Apr 2017 06:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11895

Actions (login required)

View Item View Item