PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP PRODUKTIVITAS DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI MAKRO (Studi kasus di PT. Murakabi Jaya Mandiri)

Sari, Lulu Ratna (2017) PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP PRODUKTIVITAS DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI MAKRO (Studi kasus di PT. Murakabi Jaya Mandiri). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT. Murakabi Jaya Mandiri adalah perusahaan yang memproduksi bahan bakar briket yang terbuat dari tempurung kelapa di Yogyakarta. Briket merupakan sebuah blok atau bongkahan yang digunakan sebagai bahan bakar. Lingkungan kerja merupakan salah satu komponen dalam sistem kerja yang dapat mempengaruhi kondisi pekerja. Kondisi lingkungan kerja fisik khususnya kebisingan, suhu, dan cahaya yang tidak memenuhi syarat akan berpengaruh terhadap kondisi pekerja. Pekerja akan mampu melaksanakan pekerjaan dengan baik dan mencapai hasil (produktivitas) yang optimal apabila kondisi lingkungan fisik kerja perusahaan mendukung, tetapi dalam kenyataannya peningkatan produktivitas tidak bersamaan dengan adanya kepedulian pemilik perusahaan terhadap proses yang berlangsung. Untuk mengkaji permasalahan di atas, maka dilakukan analisis pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap produktivitas dengan pendekatan ergonomi makro menggunakan simulasi dengan bantuan software Powersim. Pada simulasi dibuat dua skenario, skenario 1 merupakan kondisi sebelum melakukan investasi ergonomi dan skenario 2 merupakan kondisi setelah melakukan investasi ergonomic. Investasi ergonomi dilakukan dengan mempertimbangkan faktor ergonomi pada lingkungan kerja fisik di perusahaan. Berdasarkan analisis hasil dengan menggunakan pendekatan ergonomi makro didapat rata-rata produk yang dihasilkan sebelum berencana melakukan investasi ergonomic yaitu 293 barang dengan profit rata-rata Rp34.145.566. Setelah berencana melakukan investasi ergonomi pada skenario 2 rata-rata produk yang dihasilkan dapat mencapi target yaitu 302 barang dengan profit rata-rata Rp34.812.014. Pendapatan yang diperoleh perusahaan juga mengalami peningkatan secara berangsur-angsur. Skenario terbaik yang dipilih adalah skenario 2 yaitu dengan melakukan melakukan investasi ergonomi dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja dan pemilik perusahaan. Kata kunci : Ergonomi makro, Lingkungan kerja fisik, Simulasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Apr 2017 02:22
Last Modified: 28 Jul 2020 23:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11877

Actions (login required)

View Item View Item