ANALISIS PENGARUH ADOPSI INOVASI TEKNOLOGI “MINA PADI” TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN KEUNTUNGAN PETANI DI KECAMATAN NGEMPLAK, KABUPATEN SLEMAN

KHALIFATULLAH, PULUNG PRABASKA (2017) ANALISIS PENGARUH ADOPSI INOVASI TEKNOLOGI “MINA PADI” TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN KEUNTUNGAN PETANI DI KECAMATAN NGEMPLAK, KABUPATEN SLEMAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER UPN.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Other
lembar pengessahan pulung.PDF

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Analisis Pengaruh Adopsi Inovasi Teknologi.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis tingkat adopsi inovasi teknologi mina padi, (2) menganalisis pengaruh adopsi inovasi terhadap produktivitas petani mina padi, (3) menganalisis pengaruh adopsi inovasi terhadap keuntungan petani mina padi di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode pelaksanaan pada penelitian adalah survei. Metode penentuan lokasi yang digunakan adalah metode purposive. Teknik pengambilan responden yang digunakan adalah snowball sampling. Macam data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data dalam penelitian ini adalah petani pembudidaya mina padi di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, studi kepustakaan, instansi terkait, dan internet. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara, observasi, pencatatan, dan kuesioner. Teknik analisis dilakukan dengan skala likert, analisis produktivitas, dan analisis keuntungan usahatani. Pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi inovasi budidaya mina padi pada petani di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman masuk dalam kategori tinggi, dengan rata-rata skor sebesar 55,28 atau 87,75%. Adopsi inovasi budidaya teknologi mina padi berpengaruh positif terhadap produktivitas dan keuntungan petani di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Kata kunci : Adopsi Inovasi, Mina Padi, Produktivitas, Keuntungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 13 Apr 2017 07:51
Last Modified: 13 Apr 2017 07:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11823

Actions (login required)

View Item View Item