WINTAKA, WINTAKA (2016) PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA DOSEN MELALUI MOTIVASI PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PEMBANGUNAN MOTIVASIDI STMIK AMIKOM DAN STMIK AKAKOM YOGYAKARTA. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
abstrak.pdf Download (16kB) | Preview |
Preview |
Text
daftar isi 1.pdf Download (18kB) | Preview |
Preview |
Text
jdl thok.pdf Download (19kB) | Preview |
Preview |
Text
lbr pengesahan.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Kinerja Dosenmerupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai
seorang dosen dalam melaksanakan tugasnya sesuai tanggung jawab yang diberikan
kepadanya. Kinerja dosen dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah
kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi secara
langsung terhadap kinerja dosen dan menganalisis pengaruh Kompetensi secara tidak
langsung terhadap kinerja dosen melalui motivasi. Data penelitian ini dikumpulkan
melalui survei. Survei ditujukan kepada seluruh dosen di dua kampus yang concern
padateknologi informasi yaitu STMIK Amikom dan STMIK Akakom Yogyakarta.
Sebanyak 63 kuesioner telah diperoleh dan semuanya memenuhi kriteria untuk diolah
lebih lanjut. Hasil analisis data dengan menggunakan SPSS menunjukkan bahwa
pengaruh secara langsung kompetensi terhadap kinerja dosen lebih besar daripada
pengaruh secara tidak langsung kompetensi terhadap kinerja dosen melalui motivasi.
Untuk itu, agar kinerja dosen dapat meningkat dibutuhkan dukungan pengembangan
kompetensi yang baik terhadap para dosen di kedua kampus tersebut. Selanjutnya,
hasil penelitian tidak menemukan adanya perbedaan yang signifikan dari kinerja dosen,
antara dosen STMIK Amikom dengan dosen STMIK Akakom Yogyakarta.
Kata kunci: kompetensi, motivasi, kinerja dosen
Lecture’s performance is is the result of the quality and quantity achieved a lecturer in
performing their duties in accordance responsibilities given to him. Lecture’s
performance can be affected by several factors, such as competency. This paper is
aimed to analyze the direct effect of competency to lecture’s performance and the
indirect effect of competencyto lecture’s performance through motivation. Data were
collected by survey. The survey was addressed to lecture in STMIK Amikom and STMIK
Akakom Yogyakarta. A total of 63 valid questionnaires were obtained. Result gathered
by SPSS show that direct effect of competency to lecture’s performance larger than
indirect effect of competency to lecture’s performance through motivation. Therefore,
competencyneeded to increase performance. Furthermore, the results of the study not
found significant difference in the performance of lecture, between STMIK Amikom
lecture’s performance with STMIK Akakom lecture’s performnace.
Keywords:competence, motivation, performance
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 12 Apr 2017 04:15 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 02:19 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11804 |
Actions (login required)
View Item |