ANALISA PRESSURE BUILD UP TEST UNTUK RESERVOIR KARBONAT DENGAN MENGGUNAKAN SAPHIR 3.20 PADA SUMUR “X-02” LAPANGAN “Y” JOB PERTAMINA-PETROCHINA EAST JAVA

BONDAN SAMUDRA, ADRIANUS (2017) ANALISA PRESSURE BUILD UP TEST UNTUK RESERVOIR KARBONAT DENGAN MENGGUNAKAN SAPHIR 3.20 PADA SUMUR “X-02” LAPANGAN “Y” JOB PERTAMINA-PETROCHINA EAST JAVA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Other
abstrak.PDF

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Other
Halaman_Judul.PDF

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Other
Halaman_pengesahan.PDF

Download (268kB) | Preview

Abstract

Dilakukan Pengujian Pressure Build Up pada Sumur “X-02” Lapangan “Y” JOB Pertamina-Petrochina East Java pada tanggal 6 November 2014 untuk mengetahui produktifitas dan kerusakan formasinya. Dengan dilakukan Pengujuan Pressure Build Up maka akan didapat harga dari parameter reservoir seperti: tekanan reservoir (Pi) dan permeabilitas rekahan (kf) formasi tersebut serta karakteristik dari reservoir karbonat yang digambarkan oleh parameter lamda (λ) dan omega (ω), dan besarnya kerusakan formasi atau skin (S). Metodologi dalam skripsi ini, analisa pressure build up untuk formasi karbonat dengan menggunakan saphir 3.20 pada sumur “X-02” lapangan “Y”, yang pertama adalah pengumpulan data. Data-data yang dibutuhkan berupa data karakteristik reservoir, data pengujian/test, data produksi. Yang kedua adalah pengolahan data, pengolahan data dilakukan dengan metode Horner secara manual dan software dilakukan dengan memplot log Δt vs ΔP, kemudian membuat garis lurus dengan kemiringan 45̊ (pada kondisi ideal) dimana pada data awal menunjukan adanya wellbore storage. Tarik garis 1,0-1,5 cycle dari titik tersebut untuk menentukan end of wellbore storage coefficient, selanjutnya buat Horner plot antara Pws vs ((tp+Δt)/Δt), didapatkan harga slope, maka dapat ditentukan harga permeabilitas dan tekanan awal reservoir (Pi). P1jam ditentukan dari ekstrapolasi garis lurus pada Δt = 1 jam sehingga didapatkan harga faktor skin, produktivity index dan flow efficiency. Dari analisa menggunakan software didapat model reservoir, boundary, permeabilitas, tekanan reservoir, skin, omega, dan lamda. Hasil analisa dari manual didapat permeabilitas sebesar 6164.606 md, skin sebesar 4922.75, Pi sebesar 2595. Dan hasil analisa dari software didapat model reservoir adalah dual porosity dengan boundary circle mempunyai harga permeabilitas sebesar 5960 md ,tekanan reservoir sebesar 2595.71 psia, dan skin sebesar 4900, re sebesar 3200 ft, omega (ω) sebesar 0.063 dan didapat harga фf/фm sebesar 0.0058, dan harga lamda (λ) sebesar 1.7E-08 dengan kf sebesar 5960 md dan km sebesar 1508,807 md, dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan fluida dominan di matrik namun permeabilitas matriksnya lebih kecil dari permeabilitas rekahan sehingga minyak dalam matrik sulit diproduksikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Apr 2017 03:08
Last Modified: 12 Apr 2017 03:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11801

Actions (login required)

View Item View Item