SISTEM KEAMANAN SEPEDA MOTOR DENGAN ANDROID BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO

Buwana, Muhammad Chandra (2017) SISTEM KEAMANAN SEPEDA MOTOR DENGAN ANDROID BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (566kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (224kB)

Abstract

Sepeda motor adalah alat transportasi yang handal dan juga marak digunakan karena gesit dan juga hemat bahan bakar. Populasi sepeda motor tidak dapat dipungkirisemakin tahun jumlahnya semakin bertambah. Sepeda motor merupakan alat transportasi yang dimiliki oleh semua lini masyarakat sebagai alat trasportasi. Semakin banyak sepeda motor semakin marak juga aksi pencurian kendaraan bermotor yang marak terjadi. Kunci konvensional sepeda motor mudah dibobol dengan kunci T ataupun di beri cairan lem untuk menghancuran kunci kontaknya. Melihat masalah tersebut perlu adanya sistem keamanan yang baru untuk meminimalisir tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor khususnya sepeda motor. Peneliti bermaksud membuat sebuah aplikasi dan juga alat untuk mengganti kunci motor sebelumnya.
Pada penelitian ini menggunakan metode protoyyping dalam pembuatan perangkat lunak. Pada penelitian ini aplikasi ponsel android dan juga mikrokontroler berfungsi untuk menggantikan fungsi dari kunci motor. Sistem ini dapat menyalakan motor, membuka kunci stang dan juga dapat membunyikan klakson apabila sedang parkir.aplikasi berbasis android ini dibuat dengan bahasa Visual Basic dan mikrokontroler di isi program menggunakan bahasa C. Aplikasi dan mikrokontroler terhubung melalui koneksi bluetooth yang terdapat pada ponsel android dan juga mikrokontroler yang dipasang Bluetooth HC-06.
Hasil pengujian sistem keamanan sepeda motor dengan android berbasis mikrokontroler arduino berjalan dengan baik. Aplikasi dan juga mikrokontroler bisa komunikasi serial. User dapat mengendalikan motor dari jarak jauh.
Kata kunci: sepeda motor, mikrokontroler, bluetooth, android

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: sepeda motor, mikrokontroler, bluetooth, android
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 11 Apr 2017 06:52
Last Modified: 15 Dec 2023 06:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11793

Actions (login required)

View Item View Item