EVALUASI HASIL INJEKSI SURFAKTAN DENGAN METODE HUFF DAN PUFF PADA LAPANGAN RBN DAN ASR MENGGUNAKAN METODE ANALITIK PADA PT. PERTAMINA HULU ENERGI WEST MADURA OFFSHORE

NOVIAWATI, RIKA BUDI (2017) EVALUASI HASIL INJEKSI SURFAKTAN DENGAN METODE HUFF DAN PUFF PADA LAPANGAN RBN DAN ASR MENGGUNAKAN METODE ANALITIK PADA PT. PERTAMINA HULU ENERGI WEST MADURA OFFSHORE. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1.COVER.pdf]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 3.DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 4.ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4.ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Lapangan RBN dan Lapangan ASR merupakan Lapangan milik PHE WMO yang reservoirnya telah mature. Lokasi Lapangan RBN terletak sebelah Utara Pulau Madura, sedangkan Lapangan ASR terletak sekitar 500 km ke Utara dari Pulau Jawa. Kedua lapangan tersebut terletak pada Formasi Kujung I. Karakteristik reservoirnya adalah fracture dan matrix dengan sistem oil wetting sytem dengan drive mechanism yakni water drive dan fluid gas expansion untuk Lapangan RBN, sedangkan Lapangan ASR yakni weak water drive dan solution gas drive mechanism. Lapangan RBN telah berproduksi sejak Juni 2008 dengan metode produksi yakni lifting ESP (electrical sumbmersible pump) dan Lapangan ASR berproduksi sejak Juni 2013 dengan metode produksi yakni natural flow. Kedua Lapangan tersebut memiliki remaining reserve yang potensial yakni 33507040 STB untuk Lapangan RBN dan 810802 STB untuk Lapangan ASR. Sehingga pengambian remaining reserve yaknidengan metode injeksi surfaktan huff and puff. Hasil injeksinya belum dilakukan evaluasi. Maka dalam tugas akhir ini dilakukan evaluasi hasil injeksi surfaktan huff and puff menggunakan metode analitik.
Metode analitik yang digunakan yakni metode screening criteria dengan Tabel Craig, Donaldsond, dan Chemcical Technologies. Kemudian metode chi square untuk menentukan metode decline curve. Dimana decline curve untuk perhitungan recovery factor (RF) dengan hasil oil in place dari software material balance. Selanjutnya menganalisa pumping program dengan Hall Plot, dan analisa water control dengan melihat parameter water cut, water oil ratio berdasarkan Chan’s Diagnostics Plot. Tahap terakhir yakni menghitung productivity index (PI) ratio setiap sumur.
Hasil evaluasi hasil injeksi surfaktan huff and puff dengan metode analitik yakni menyatakan Lapangan RBN dan Lapangan ASR berhasil dilakukan pengembangan lapangan tersebut. Ditandai oleh terdapat incremental sebesar 808199 STB dengan perubahan RF dari 17.16 7% menjadi 22.191 % dari oil in place sebesar 30425 MSTB untuk Lapangan RBN dan 178490 STB dengan perubahan RF dari 15.675 % menjadi 19.325 % dari oil in place sebesar 7035 MSTB untuk Lapangan ASR. Serta hasil parameter produksi yakni water cut menurun pada range 0.035 – 0.291 fraksi dan PI > 1. Akan tetapi berdasarkan oil in place dan RF maka pengemangan lapangan yang lebih efekttif yakni Lapangan RBN.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 11 Apr 2017 06:41
Last Modified: 15 Dec 2023 06:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11791

Actions (login required)

View Item View Item