TEKNIS REKLAMASI PERTAMBANGAN RAKYAT BAHAN GALIAN LEMPUNG DI DUSUN PARE 2, DESA SIDOREJO, KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

M. Ardany, M. Ardany (2017) TEKNIS REKLAMASI PERTAMBANGAN RAKYAT BAHAN GALIAN LEMPUNG DI DUSUN PARE 2, DESA SIDOREJO, KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
2ABSTRACT.pdf

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 3COVER .pdf]
Preview
Text
3COVER .pdf

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 4Pengesahan Skripsi.pdf]
Preview
Text
4Pengesahan Skripsi.pdf

Download (980kB) | Preview
[thumbnail of 5DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dilakukan di Dusun Pare 2, Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, secara administrasi lokasi penelitian berada pada 420836-421184 Bujur Timur dan 9142600-9142876 Lintang Selatan, bahan galian lepung pertambangan rakyat dengan sistem pertambangan terbuka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kerusakan lahan yang terjadi dilokasi penelitian dan untuk mengetahui teknis reklamasi yang sesuai.
Penelitian ini menggunakan metode survey dan observasi lapangan, pengharkatan, wawancara, serta evaluasi. Penentuan nilai masing-masing parameter tingkat kerusakan lahan akibat penambangan menggunakan metode survey dan observasi lapangan, serta wawancara. Penentuan nilai tingkat kerusakan lahan menggunakan metode pengharkatan. Penentuan desain teknik reklamasi dan revegetasi adalah dengan metode evaluasi.
Berdasarkan hasil pengukuran dilapangan, analisis dan evaluasi data,didapatkan hasil klasifikasi kelas tingkat kerusakan lahan akibat kegiatan penambangan bahan galian lempung di lokasi penelitian termasuk dalam kelas rusak berat. Ketebalan lapisan tanah pucuk 0,7 meter. Hasil pengukuran tekstur dan pH tanah di lokasi penelitian masing-masing lempung debuan dengan pH 6,8, pasir dengan pH 5,8, dan lempung pasiran dengan pH 6,5. Teknis reklamasi yang dipakai adalah gabungan antara teknik mekanik dan vegetasi. Pada teknik reklamasi secara mekanik menggunakan metode terasering. Tinggi dinding jenjang teras 3 meter dengan sudut 20˚, dengan panjang total bidang vertikal teras 7, 111 meter. Pada metode vegetasi menggunakan tanaman vetiver pada bidang miring jenjang teras dan pada bidang lebar terasering menggunakan tanaman alpukat, kedua tanaman tersebut mampu hidup dalam keadaan pH 5,5-6,5 dan dengan kedalaman tanah pucuk yang minim.
Kata Kunci : pertambangan rakyat, galian lempung, reklamasi dan revegetasi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pertambangan rakyat, galian lempung, reklamasi dan revegetasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 11 Apr 2017 02:56
Last Modified: 15 Dec 2023 07:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11783

Actions (login required)

View Item View Item