TEKNIK PENGELOLAAN TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) SAMPAH BERDASARKAN PENILAIAN INDEKS RESIKO LINGKUNGAN DI DESA JETIS, KECAMATAN LOANO, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH

Purba, Rosalia Uli (2017) TEKNIK PENGELOLAAN TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) SAMPAH BERDASARKAN PENILAIAN INDEKS RESIKO LINGKUNGAN DI DESA JETIS, KECAMATAN LOANO, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstract.pdf]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of Daftar isi.pdf]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (170kB)

Abstract

Seiring dengan laju pertumbuhan penduduk, perkembangan kota dan peningkatan aktivitas manusia maka dapat menghasilkan sampah yang semakin meningkat. Jumlah Sampah yang meningkat dan pengelolaan TPA tidak sesuai dapat mengakibatkan pencemaran terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas lingkungan TPA Jetis dan menentukan teknik pengelolaan yang tepat untuk TPA Jetis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan pengharkatan. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, uji laboratorium dan observasi. Metode dalam analisis data yang digunakan yaitu dengan metode pembobotan dan pengharkatan. Metode pengharkatan yang digunakan pada penelitian berdasarkan Penilaian Indeks Resiko Lingkungan. Parameter yang digunakan berdasarkan indeks resiko lingkungan yaitu kedalaman sampah, luas TPA, kedalaman airtanah, permeabilitas tanah, kualitas airtanah, jarak terhadap air permukaan, jenis lapisan tanah dasar, umur lokasi untuk penggunaan masa mendatang, jumlah sampah dibuang per hari, jarak terhadap permukiman terdekat, curah hujan tahunan, penerimaan masyarakat, karakteristik lindi BOD, COD dan TDS.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas lingkungan TPA Jetis berdasarkan nilai indeks resiko lingkungan termasuk ke dalam kriteria tingkat bahaya sedang dengan nilai indeks resiko sebesar 419,93. Kriteria tingkat bahaya sedang memiliki tindakan yang disarankan berupa TPA diteruskan dan direhabilitasi menjadi lahan urug terkendali secara bertahap. Teknik pengelolaan yang dilakukan dengan membuat sel pembuangan sampah dengan lapisan dasar sanitary landfill, pembuatan pengendalian gas, prasarana drainase, pengumpul lindi, dan zona penyangga.
Kata Kunci : TPA Jetis, Indeks Resiko Lingkungan, Rehabilitasi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: TPA Jetis, Indeks Resiko Lingkungan, Rehabilitasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 11 Apr 2017 02:53
Last Modified: 15 Dec 2023 07:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11782

Actions (login required)

View Item View Item