PERAMALAN PERILAKU RESERVOIR MENGGUNAKAN METODE MATERIAL BALANCE UNTUK LAPISAN “X” LAPANGAN “Y” BOB PT BSP – PERTAMINA HULU

AMBARAWURI, LUSI (2017) PERAMALAN PERILAKU RESERVOIR MENGGUNAKAN METODE MATERIAL BALANCE UNTUK LAPISAN “X” LAPANGAN “Y” BOB PT BSP – PERTAMINA HULU. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 2. HALAMAN JUDUL-DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2. HALAMAN JUDUL-DAFTAR ISI.pdf

Download (557kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

Lapisan “X” merupakan reservoir minyak water drive yang berproduksi sejak tahun 1974 dimana kumulatif produksi minyak (Np) telah mencapai 8.913,5Mstb dengan kumulatif produksi air (Wp) sebesar 102.035 Mstb. Hingga saat ini Lapisan “X” belum pernah melakukan peramalan perilaku reservoir dengan menggunakan metode material balance, sehingga perlu dilakukannya peramalan perilaku peresvoir dengan menggunakan metode tersebut. Namun, Lapisan “X” memiliki data-data mengenai aquifer yang sangat minim. Hal ini menyebabkan model perembesan air dari aquifer ke dalam reservoir belum bisa ditentukan dengan tepat. Akibatnya jumlah air yang masukdari aquifer ke dalam reservoir juga tidak diketahui dengan pasti. Oleh karena itu, diperlukan suatu pemodelan menggunakan data produksi dan tekanan yang ada dengan menggunakan persamaan material balance. Hasil dari pemodelan model perembesan air ini berguna dalam melakukan peramalan perilaku reservoir pada tahun-tahun yang akan datang.
Penentuan model perembesan air, pertama-tama digunakan persamaan perembesan air aliran mantap(steady state) dari Schilthuis dengan mencari harga F/Et dan Σ(ΔP.Δt)/Et kemudian kedua parameter diplot. Apabila hubungan F/Et terhadap Σ(ΔP.Δt)/Et tidak linear, maka persamaan perembesan air pada Lapisan ”X” tersebut tidak memenuhi aliran mantap. Selanjutnya menggunakan perembesan air aliran tidak mantap (unsteady state) dari Van Everdingen-Hurst. Model perembesan air ini menggunakan prinsip persamaan material balance sebagai suatu persamaan garis lurus Havlena Odeh yang dikombinasikan dengan persamaan perembesan air. Penentuan model water influx ini dilakukan pada berbagai model water influxbaik finite aquifer maupun infinite aquifer. Pada metode ini mengasumsikan beberapa kombinasi harga A dan rD secara coba-coba untuk mendapatkan A dan rD yang tepat berdasarkan persentase kesalahan regresi terkecil pada plot F/Et (voidage reservoir) terhadap S/Et dan terjadi keselarasan antara kumulatif water influx materialbalance dan kumulatif water influx model yang dipilih untuk menjadi model water influx yang sesuai untuk Lapisan “X”. Setelah itu dapat ditentukan besarnya harga Cv (konstanta perembesan water influx)yang merupakan slope dari penarikan garis lurus plot F/Et terhadap S/Etdan OOIP (Original Oil In Place) material balance.Besaran-besaran tersebut nantinya digunakan untuk melakukan peramalan perilaku reservoir lima tahun mendatang dengan cara “trial and error”.
Tenaga pendorong Lapisan “X” adalah Strong Water Drive dengan index tenaga pendorongnya sebesar 99,6292 %. Model water influx yang sesuai untuk Lapisan ”X” pada Lapangan “Y adalah model VEH (Unsteady State) untuk infiniteaquifer dengan jari-jari tak berdimensi (rD)= ∞, konstanta waktu tak berdimensi (A) = 27,13 tahun-1 dan konstanta perembesan air (Cv) = 6,803Mbbl/tahun/psi. Model ini mempunyai persen kesalahan sebesar (V) = 4,94 %. OOIP yang didapatkan sebesar (N) = 32.986,3MSTB. Hasil peramalan perilaku reservoir menunjukkan bahwa selama lima tahun kedepan jumlah minyak yang dapat diproduksikan dengan metode saat ini sebesar 9.471,7MSTB.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Apr 2017 02:52
Last Modified: 18 Dec 2023 03:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11761

Actions (login required)

View Item View Item