RETORIKA PESAN HIJRAH MELALUI KOMUNITAS (Studi Kasus Strategi Retorika Penyampaian Pesan Hijrah Pada Sesi Seminar Komunitas Hijrah FAST Chapter Jogja)

NAIM, FUADH (2017) RETORIKA PESAN HIJRAH MELALUI KOMUNITAS (Studi Kasus Strategi Retorika Penyampaian Pesan Hijrah Pada Sesi Seminar Komunitas Hijrah FAST Chapter Jogja). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Hijrah adalah bentuk representasi keimanan seorang muslim. Dengan berhijrah, seorang muslim berarti telah menunjukkan kepatuhannya secara penuh kepada Allah, dengan berani meninggalkan segala yang dilarang-Nya dan menjalankan segala perintah-Nya tanpa terkecuali. Telah marak dakwah di masyarakat dengan target menghijrahkan seseorang, diikuti tren hijrah itu sendiri. Diantara media dakwah tersebut adalah komunitas. Komunitas hijrah FAST adalah salah satu komunitas yang mewadahi proses hijrah seseorang melalui komunitas. Langkah pertama dalam program hijrah FAST adalah seminar atau taklim. Penelitian yang berjudul Retorika Pesan Hijrah Melalui Komunitas (Studi Kasus Strategi Retorika Penyampaian Pesan Hijrah Pada Sesi Seminar Komunitas Hijrah FAST Chapter Jogja) bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi retorika yang digunakan dalam seminar tujuh kali pertemuan yang dilakukan oleh FAST Chapter Jogja untuk mampu mempersuasi jama’ahnya berhijrah. Penelitian ini menggunakan early rethorical theory oleh Aristoteles yang menekankan pentingnya kanon retorika bagi pembicara saat melakukan presentasi. Lima kanon tersebut yaitu: penemuan (invention), penyusunan (arrangement), gaya (style), penyampaian (delivery), dan ingatan (memory). Lima kanon tersebut harus didukung dengan bukti retoris berupa logos (logika), pathos (emosi), dan ethos (kredibilitas). Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa dalam seminar yang dilakukan oleh Komunitas Hijrah FAST, pembicara telah menggunakan semua kanon retorika yang ada dan mengumpulkan bukti retoris yang cukup untuk membangu logika pesan, penyampaian yang menggugah, serta penampilan yang membangun kredibilatas. Kata kunci : Hijrah, Retorika, Komunitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:48
Last Modified: 07 Apr 2017 03:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11742

Actions (login required)

View Item View Item