PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KAILAN (Brassica napus pabularia) DENGAN BERBAGAI KONSENTRASI NUTRISI DAN MEDIA TANAM PADA SISTEM HIDROPONIK SUBSTRAT

MUHAMMAD FAUZI, ARI (2017) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KAILAN (Brassica napus pabularia) DENGAN BERBAGAI KONSENTRASI NUTRISI DAN MEDIA TANAM PADA SISTEM HIDROPONIK SUBSTRAT. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2, ABSTRAK.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Kailan merupakan tanaman sayuran daun yang memiliki banyak kandungan gizi dan memiliki nilai komersial yang tinggi. Salah satu cara yang diharapkan mampu mendukung pertumbuhan dan meningkatkan hasil kailan adalah hidroponik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tanam dan konsentrasi nutrisi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kailan varietas Red Russian secara hidroponik subtrat. Penelitian ini dilaksanakan di kebun percobaan Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Percobaan terdiri atas 2 faktor, faktor pertama adalah konsentrasi nutrisi, yang terdiri dari 3 aras yaitu 2, 5, dan 8 m/l. Faktor kedua adalah media tanam yang terdiri atas 3 aras yaitu pasir, Arang sekam dan kombinasi antara pasir dan arang sekam (1:1). Metode yang digunakan adalah metode split plot 3 x 3, percobaan dilakukan dengan 3 ulangan sehingga diperoleh 9 kombinasi perlakuan, setiap unit percobaan terdiri atas 10 tanaman. Pengamatan pertumbuhan dan hasil meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, bobot segar tanaman, bobot kering tanaman, bobot segar ekonomis, volume akar, warna daun, dan rasio tajuk dan akar. Berdasarkan hasil analisis kombinasi konsentrasi nutrisi dan media tanam tidak menunjukan adanya interaksi di semua parameter. Pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, bobot segar, bobot ekonomis, dan rasio akar tajuk tidak menunjukkan beda nyata antar perlakuan konsentrasi nutrisi dan media tanam. Penggunaan konsentrasi nutrisi hidroponik 8 ml paling baik karena mempengaruhi berat kering tanaman kailan pada umur 21 hspt. Perlakuan media arang sekam baik pada volume akar dan berat kering pada umur 14 hspt. Kata Kunci: kailan, media tanam, konsentrasi nutrisi, hidroponik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:06
Last Modified: 07 Apr 2017 03:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11730

Actions (login required)

View Item View Item