TOMOGRAFI WAKTU TEMPUH GELOMBANG SEISMIK UNTUK MENGETAHUI STRUKTUR DI DAERAH SULAWESI UTARA DAN SEKITARNYA MENGGUNKAN RELOKASI HIPOSENTER METODE GEIGER

Egi, Suhardiyono (2017) TOMOGRAFI WAKTU TEMPUH GELOMBANG SEISMIK UNTUK MENGETAHUI STRUKTUR DI DAERAH SULAWESI UTARA DAN SEKITARNYA MENGGUNKAN RELOKASI HIPOSENTER METODE GEIGER. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3 COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Lembar Pengesahan.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian tomografi dilakukan di daerah Sulawesi Utara dan sekitarnya menggunakan relokasi hiposenter metode geiger. Penelitian bertujuan untuk mengetahui struktur geologi daerah Sulawesi Utara dan sekitarnya berdasarkan anomali gelombang P . Penelitian ini menggunakan data gempa yang terekam sejak tahun 1950 hingga tahun 2013 sejumlah 10793, yang terekam oleh 13 stasiun penerima dari website international seismological center(ISC) Metode geiger adalah metode relokasi yang memanfaatkan iterasi pada tiap kedalaman yang di tentukan. Pengolahan data relokasi geiger menggunakan software Matlab. Metode Geiger menggunakan data waktu tiba gelombang P atau gelombang S. Anggapan yang digunakan adalah bahwa bumi terdiri dari lapisan datar yang homogen isotropik, sehingga waktu tiba gelombang gempa yang karena pemantulan dan pembiasan untuk setiap lapisan dapat dihitung. Untuk menggambarkan hasil dari relokasi menggunakan tomografi software lotos release 2012. Hasil peta tomografi dapat menggambarkan lokasi struktur geologi berupa patahan dan zona subduksi dalam bentuk penampang. Penelitian dilakukan dengan cakupan area Sulawesi Utara dan sekitarnya. Hasil relokasi hiposenter geiger menujukan kedalaman hiposenter setelah direlokasi lebih dangkal dan bergerak ke segala arah, sesuai dengan keadaan geologi daerah penelitian, Hasil tomografi kecepatan gelombang menunjukkan terdapat anomali rendah pada daerah Sulawesi Utara dan sekitarnya dengan nilai deviasi kecepatan -6 % hingga -10 %, terdapat pada daerah yang banyak pengaruh struktur geologi berupa sesar. sedangkan anomali kecepatan tinggi dengan nilai kecepatan 6 % hingga 9 % merupakan batuan yang sangat kompak Kata kunci : Gempa bumi, Relokasi Hiposenter Geiger, Tomografi, Ray Tracing bending, Struktur Sesar, Sesar Palu koro, Sesar gorontalo, Sulawesi Utara dan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 06 Apr 2017 04:12
Last Modified: 06 Apr 2017 04:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11723

Actions (login required)

View Item View Item