CITRA PEMERINTAHAN JOKOWI DALAM PEMBERITAAN KABUT ASAP (Analisis Framing Pemberitaan Kabut Asap di Kompas.com Periode September-Oktober 2015)

Budiargo, Wenang (2017) CITRA PEMERINTAHAN JOKOWI DALAM PEMBERITAAN KABUT ASAP (Analisis Framing Pemberitaan Kabut Asap di Kompas.com Periode September-Oktober 2015). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan yang terluas. Namun seiring dengan maraknya pembakaran hutan sebagai efek perluasan lahan sawit mengakibatkan berbagai dampak muncul, salah satunya adalah bencana kabut asap. Hal ini kemudian menimbulkan berbagai dampak dan desakan agar pemerintah lebih cepat bertindak. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis citra pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla yang muncul dari konstruksi bingkai pemberitaan yang dilakukan oleh media online Kompas.com dalam periode 1 September-30 Oktober 2015. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konstruksi yang dibangun terkait peristiwa bencana kabut asap dan mengetahui citra pemerintahan Jokowi yang terbentuk dari konstruksi pemberitaan tentang kabut asap di Kompas.com. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi media, konstruksi realitas sosial dan new media. Metode yang digunakan yaitu kualitatif analisis framing model Robert N Entman. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, konstruksi pemberitaan penanganan bencana kabut asap yang dilakukan Kompas.com secara citra pemerintahan Jokowi sudah melakukan upaya penanganan namun pemerintah secara berulang diposisikan sebagai pihak yang bertindak lamban. Lamban yang dimaksud merujuk kepada lambannya penyelamatan dan kabut yang tak kunjung hilang. Namun secara citra, persoalan kabut asap tidak terlalu berpengaruh terhadap citra pemerintahan Jokowi dikarenakan Kompas.com dalam mengkonstruksi pemberitaan cenderung mengkritisi tapi dengan cara yang halus. Kata Kunci : Citra, Pemerintahan, Bencana Kabut Asap

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Apr 2017 03:35
Last Modified: 03 Apr 2017 03:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11665

Actions (login required)

View Item View Item