ANALISIS EFEKTIVITAS PELATIHAN KETRAMPILAN PEREMPUAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA PERIODE 2012-2016 (Studi Kasus Kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan Paska PNPM Mandiri Pedesaan di Kecamatan Minggir)

ZUKRIYAH, MENIK (2017) ANALISIS EFEKTIVITAS PELATIHAN KETRAMPILAN PEREMPUAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA PERIODE 2012-2016 (Studi Kasus Kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan Paska PNPM Mandiri Pedesaan di Kecamatan Minggir). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK TESIS MENIK ZUKRIYAH_NIM-243150005.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER TESIS MENIK ZUKRIYAH_NIM-243150005.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI TESIS MENIK ZUKRIYAH_NIM-243150005.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEMBIMBING TESIS MENIK ZUKRIYAH_NIM-243150005.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menganalisis efektivitas pelatihan keterampilan perempuan terhadap pendapatan keluarga pada kegiatan simpan pinjam kelompok perempuan paska program PNPM Mandiri Pedesaan di Kecamatan Minggir, 2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pelatihan keterampilan perempuan pada kegiatan simpan pinjam kelompok perempuan paska program PNPM Mandiri Pedesaan di Kecamatan Minggir, 3) Untuk menguji ada tidaknya perbedaan pendapatan keluarga sebelum dan sesudah pelatihan keterampilan perempuan pada kegiatan simpan pinjam kelompok perempuan paska program PNPM Mandiri Pedesaan di Kecamatan Minggir, 4) Untuk menguji ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan dan pemberian pelatihan keterampilan perempuan terhadap pendapatan keluarga pada kegiatan simpan pinjam kelompok perempuan paska program PNPM MandiriPedesaan di Kecamatan Minggir. Penelitian ini termasuk dalam penelitian studi kasus (case study). Analisis yang digunakan untuk menjawab tujuan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan analisis deskripti kualitatif. Analisis kuantitatif yang digunakan yaitu uji beda (Uji-t), regresi linear berganda, kecenderungan efektivitas, dan kecenderungan kategorisasi variabel. Analisis kualitatif yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) efektivitas pelatihan keterampilan perempuan terhadap pendapatan keluarga pada kegiatan simpan pinjam kelompok perempuan paska program PNPM Mandiri Pedesaan di Kecamatan Minggir dalam kategori cukup efektif dengan nilai efektivitas 87,42%. 2) Faktor pendukung dalam pelatihan keterampilan terhadap peningkatan pendapatan keluarga antara lain: tersedianya alat yang memadai, narasumber sudah berpengalaman dan berkompeten dibidangnya serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam penyampaian materi, fasilitas yang memenuhi untuk keterampilan, disediakan pendampingan dalam mejalankan praktik usaha, dan materi disesuaikan dengan kebutuhan warga. Sementara faktor penghambatnya adalah kegiatan pelatihan bersamaan dengan kegiatan di desa, dalam pelatihan terkadang terbatas dengan kuota sehingga banyak warga lain yang tidak dapat ikut, minat dan bakat peserta juga masih kurang dengan pelatihan tertentu serta peserta pelatihan terkadang tidak mempraktekkan keterampilan untuk membuka usaha tetapi hanya dipergunakan untuk keperluan rumah tangga sendiri. 3) Terdapat perbedaan pendapatan keluarga sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan keterampilan perempuan pada kegiatan simpan pinjam kelompok perempuan paska program PNPM Mandiri Pedesaan di Kecamatan Minggir. Hal ini dibuktikan dnegan perolehan nilai > (7,522>1,980) atau nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p= 0,000 < 0,05). 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan tingkat pendidikan dan pemberian pelatihan keterampilan terhadap pendapatan keluarga pada kegiatan simpan pinjam kelompok perempuan paska program PNPM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Mar 2017 08:32
Last Modified: 29 Mar 2017 08:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11635

Actions (login required)

View Item View Item