ANALISIS PENGARUH PRODUKSI BATU BARA, HARGA BATU BARA DUNIA, DAN KURS NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP VOLUME EKSPOR BATU BARA INDONESIA PERIODE 2011-2015

Aulia, Dianissa (2017) ANALISIS PENGARUH PRODUKSI BATU BARA, HARGA BATU BARA DUNIA, DAN KURS NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP VOLUME EKSPOR BATU BARA INDONESIA PERIODE 2011-2015. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER AWAL.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. INTISARI.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Produksi Batu bara, Harga Batu bara Dunia, serta kurs nilai tukar rupiah terhadap volume ekspor batu bara Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu Data ekspor batu bara Indonesia yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik, data produksi batu bara di Indonesia dan data harga batu bara dunia yang diperoleh dari Dinas Sumber Daya Energi dan Mineral, dan data kurs nilai tukar dollar AS terhadap rupiah yang diperoleh dari Bank Indonesia. Datadata tersebut dalam bentuk time series bulanan periode 2011-2015. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Regresi Linier Berganda dengan menggunakan estimasi model penyesuaian parsial atau Partial Adjustment Model (PAM). Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa produksi batu bara dalam jangka panjang dan jangka pendek tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap volume ekspor batu bara. Sedangkan kurs nilai tukar rupiah dan harga batu bara dunia dalam jangka panjang ataupun jangka pendek berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume ekspor batu bara. Kata Kunci : Volume ekspor batu bara, Produksi Batu bara, Harga Batu bara Dunia, Kurs Nilai Tukar Dollar AS Terhadap Rupiah, Regresi Linier Berganda estimasi Partial Adjustment Model (PAM).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:36
Last Modified: 29 Mar 2017 04:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11622

Actions (login required)

View Item View Item