PENENTUAN FAKTOR KENDALA UTAMA TINDAKAN EFISIENSI ENERGI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi kasus di PT. Cigading Habeam Centre)

Amin, Muhammad Faizal (2017) PENENTUAN FAKTOR KENDALA UTAMA TINDAKAN EFISIENSI ENERGI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi kasus di PT. Cigading Habeam Centre). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (224kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (514kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB)

Abstract

ABSTRAK Industri baja di Indonesia memiliki potensi besar dengan ketersediaan sumber daya alam khususnya biji besi dan pasir besi. PT. Cigading Habeam Centre adalah salah satu dari sekian banyak pelaku industri dibidang fabrikasi baja seperti H-beam, I-beam, dan rolling steel yang berlokasi di kompleks industri Krakatau Steel, Cilegon. Peralatan produksi yang digunakan secara keseluruhan masih menggunakan energi listrik, sehingga hal tersebut dapat menimbulkan pemborosan. Oleh karena itu perlu dilakukan tindakan efisiensi energi. Namun, dalam pelaksanaannya seringkali tindakan efisiensi energi tidak berjalan dengan baik, berdasarakan hal tersebut perlu dilakukan pengkajian terhadap faktor yang menjadi kendala dalam tindakan efisiensi energi khususnya pada industri baja. Pemilihan faktor kendala tersebut dilakukan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang menghasilkan alternatif faktor kendala dari tindakan efisiensi energi sehingga dapat digunakan oleh perusahaan dalam melaksanakan kegiatan efisiensi energi di masa yang akan datang. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian ini adalah alternatif kendala yang terdiri dari kendala internal, kendala kesternal, dan kendala sumber daya. Dari ketiga alternatif tersebut terdapat 6 kriteria yaitu regulasi, manajemen perusahaan, finansial, teknologi, sumber daya manusia, dan energi produksi. kendala utama dalam implementasi tindakan efisiensi diperoleh berupa kendala internal dengan bobot sebesar 0,384. Kendala internal terdiri dari manajemen perusahaan, kondisi finansial, sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan. Kata kunci: Energi, Efisiensi Energi, AHP

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 27 Mar 2017 01:43
Last Modified: 27 Mar 2017 01:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11561

Actions (login required)

View Item View Item