SOSIALISASI BUDAYA ORGANISASI PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA SEBAGAI KAMPUS BELA NEGARA

Duaty, Sora Devina (2017) SOSIALISASI BUDAYA ORGANISASI PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA SEBAGAI KAMPUS BELA NEGARA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sosialisasi budaya organisasi merupakan unsur penting didalam pembentukan identitas budaya yang baru saja terbentuk. Masyarakat atau kelompok yang terlibat dalam perubahan organisasi pasti mengenali dan berurusan dengan budaya organisasi. Perspektif pemahaman, ini berarti mengetahui bagaimana sebuah organisasi berkomunikasi. Mengetahui budaya organisasi berarti mengerti apa yang mungkin diperoleh dari budaya tersebut bagi para anggotanya. Budaya organisasi yang ingin dibentuk ialah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta pada mahasiswa sebagai kampus bela negara. Universitas ini baru saja menjadi PTN (Perguruan Tinggi Negeri), sehingga diperlukan sosialisasi identitas kampus bela negara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sosialisasi budaya organisasi di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta sebagai kampus bela negara khususnya pada mahasiswa. Sosialisasi kampus bela negara dengan didasarkan teori budaya organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, dokumentasi, dan observasi langsung dalam proses pengumpulan data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa informasi yang disampaikan mempunyai tujuan untuk membentuk kampus dengan identitas bela negara. Informasi tersebut berkaitan dengan kegiatan sosialisasi terhadap mahasiswa di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan pada Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta meliputi penyuluhan PKK (Perkenalan Kehidupan Kampus), dan PBB (Peraturan Baris Berbaris), namun karena aktivitas sosialisasi hanya dilakukan pada mahasiswa baru, maka untuk perencanaan kedepanya identitas budaya organisasi mengenai bela negara akan diberikan dalam kurikulum. Kurikulum yang diberikan meliputi penambahan materi Widya Mwat Yasa, menguji pengetahuan bela negara kepada mahasiswa yang akan lulus, sehingga diharapkan mahasiswa mampu membentuk identitas bela negara. Kata Kunci : Budaya Organisasi, Sosialisasi, Universias Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, bela negara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Mar 2017 06:26
Last Modified: 23 Mar 2017 06:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11540

Actions (login required)

View Item View Item