RANCANGAN PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOMATED LAYOUT DESIGN PROGRAM (ALDEP) DAN BLOC LAYOUT OVERVIEW WITH LAYOUT PLANNING (BLOCPLAN) (Studi Kasus di CV Pandanus Internusa, Yogyakarta)

Chasanah D S, Dita (2017) RANCANGAN PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOMATED LAYOUT DESIGN PROGRAM (ALDEP) DAN BLOC LAYOUT OVERVIEW WITH LAYOUT PLANNING (BLOCPLAN) (Studi Kasus di CV Pandanus Internusa, Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
REVISI ABSTRAK - ENG.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK CV Pandanus Internusa merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang industri kerajinan tangan. Perusahaan ini hanya memproduksi berdasarkan pesanan dari konsumen (make to order). Pada kondisi nyatanya tata letak pada perusahaan berjauhan dan menyebabkan momen jarak perpindahan yang besar. Penelitian ini melakukan evaluasi terhadap tata letak lantai produksi dan keseluruhan fasilitas melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif dibantu oleh software Automated Layout Design Program (ALDEP) dengan cara memasukkan Activity Relationship Chart (ARC) dan luas area pada software, sedangkan pendekatan kualitatif dibantu oleh software Bloc Layout Overview with Layout Planning (BLOCPLAN) dengan cara memasukkan hubungan kedekatan tiap departemen atau ARC saja. Tata letak usulan yang terbaik pada lantai produksi memiliki nilai total closeness rating tertinggi dan momen jarak perpindahan yang lebih kecil dibandingkan tata letak awal. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rancangan tata letak usulan terbaik memiliki momen jarak perpindahan yang lebih kecil dibandingkan tata letak yang ada pada perusahaan saat ini. Momen jarak perpindahan pada tata letak awal sebesar 78 meter perpindahan perjam sedangkan tata letak usulan memiliki momen perpindahan 33 meter perjam, dan hal tersebut meningkatkan efisiensi aliran bahan sebesar 57,69%. Kata kunci: ALDEP, BLOCPLAN, Tata Letak Lantai Produksi, Perpindahan Material.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 08 Mar 2017 02:54
Last Modified: 08 Mar 2017 02:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11489

Actions (login required)

View Item View Item