Pengembangan Model Robust Cellular Manufacturing System yang Mempertimbangkan Kapasitas Mesin, Fleksibilitas Urutan Proses dan Perubahan Demand

Khannan, Muhammad Shodiq Abdul and Maruf, Anas (2012) Pengembangan Model Robust Cellular Manufacturing System yang Mempertimbangkan Kapasitas Mesin, Fleksibilitas Urutan Proses dan Perubahan Demand. In: Seminar Sistem Produksi X (SSP2012), 9-10 Oktober 2012, Bandung, Indonesia.

[img] Text
kel 14.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengaturan konfigurasi tata letak mesin penting untuk dilakukan untuk merespon dengan cepat pada perubahan pasar dan kebutuhan konsumen. Dalam merancang Cellular Manufacturing System (CMS) banyak kondisi nyata yang kompleks yang harus diperhatikan. Perancangan CMS harus mempertimbangkan kapasitas mesin agar bisa memastikan demand yang datang bisa diselesaikan dengan sumber daya mesin yang dimiliki. Faktor yang ditemui di industri menunjukkan proses produksi dari suatu komponen bisa mempunyai urutan proses alternatif. Penelitian ini mengembangkan model Robust CMS yaitu model yang konfigurasi mesin-cell tetap selama periode perancangan. Model dikembangkan untuk mengetahui pengaruh faktor kapasitas mesin dan perencanaan pada level operasi, mengetahui pengaruh biaya intracell dan intercell material handling, ukuran cell maksimum dan urutan proses alternatif terhadap total biaya. Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah dalam penelitian ini adalah Integer Linear Programming. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan CMS perlu memperhatikan faktor kapasitas dan perencanaan pada level operasi. Nilai perubahan parameter biaya intracell dan intercell material handling dan ukuran cell maksimum tidak terlalu berpengaruh pada total biaya. Sedangkan Urutan proses alternatif mempengaruhi total biaya. Urutan proses alternatif memberikan penghematan sebesar 21,52%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Robust CMS, Fleksibilitas Urutan Proses, Perubahan Demand
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: MUHAMMAD SHODIQ ABDUL KHANNAN
Date Deposited: 24 Feb 2017 07:08
Last Modified: 24 Feb 2017 07:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11425

Actions (login required)

View Item View Item