Metode Algoritma Genetika untuk Penyelesaian Model Cellular Manufacturing System yang Mempertimbangkan Fleksibilitas Urutan Proses dan Perubahan Demand

Khannan, Muhammad Shodiq Abdul and Maruf, Anas and Wangsaputra, Rachmawati and Sutrisno, Sutrisno and Wibawa, Tri (2015) Metode Algoritma Genetika untuk Penyelesaian Model Cellular Manufacturing System yang Mempertimbangkan Fleksibilitas Urutan Proses dan Perubahan Demand. In: Seminar Sistem Produksi XI dan Seminar Nasional Manajemen Rekayasa Kualitas VI, 1 Oktober 2015, Bandung.

[img]
Preview
Text
10.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan alternatif penyelesaian model Cellular Manufacturing System yang mempertimbangkan Fleksibilitas Urutan Proses dan Perubahan Demand. Masalah yang dihadapi adalah faktor waktu komputasional yang lama jika diselesaikan dengan linear programming untuk ukuran masalah yang besar. Kasus model CMS termasuk kasus non-deterministic polynomial yang kompleks (NP-Hard). Penelitian ini menggunakan algoritma genetika untuk mendapatkan solusi dengan waktu yang lebih singkat dan dengan solusi terbaik yang mendekati solusi optimum dibandingkan jika menggunakan Integer Linear Programming. Solusi berupa konfigurasi formasi cell dengan kriteria minimasi total biaya yang terdiri atas biaya perpindahan material dalam sel dan biaya perpindahan material antar sel. Berdasarkan eksperimen yang dilakukan metode Algoritma Genetika efektif untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Cellular Manufacturing System, Fleksibilitas Urutan Operasi, Perubahan Demand
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: MUHAMMAD SHODIQ ABDUL KHANNAN
Date Deposited: 22 Feb 2017 07:34
Last Modified: 22 Feb 2017 07:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11404

Actions (login required)

View Item View Item