HUBUNGAN CORPORATE GOVERNANCE DENGAN KINERJA KEUANGAN DAN KINERJA SAHAM PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada BEI)

Hermawan, Eman (2011) HUBUNGAN CORPORATE GOVERNANCE DENGAN KINERJA KEUANGAN DAN KINERJA SAHAM PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada BEI). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
EMAN ABSTRAK.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Corporate Governance menurut Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) mengacu kepada pembagian kewenangan antara semua pihak yang menentukan arah dan performance suatu perusahaan. Pengukuran corporate governance diukur dengan menggunakan Corporate Governance Perception Index (CGPI). Corporate Governance Perception Index (CGPI) merupakan riset penerapan good corporate governance pada perusahaan public yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perusahaan yang menerapkan corporate governance dan berpartisipasi dalam Corporate Governance Perception Index dengan kinerja keuangan dan kinerja saham pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan yang dalam penelitian ini adalah perusahaan finansial dan non finansial yang sudah menerapkan corporate governance di Bursa Efek Indonesia dengan mengikuti survei CGPI tahun 2007 sampai tahun 2009. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan corporate governance pada sampel perusahaan finansial dan non finansial yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007-2009 mempunyai hubungan dengan kinerja keuangan perusahaan, baik kinerja pasar maupun kinerja operasional (Tobin’s Q dan ROE) serta mempunyai hubungan dengan kinerja saham (RETH). Semakin terpercaya suatu perusahaan maka nilai CGPI semakin tinggi maka semakin baik pula kinerja keuangan maupun kinerja saham suatu perusahaan. Kata Kunci: CG,CGPI, Kinerja Keuangan Perusahaan, Kinerja Saham Perusahaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 20 Feb 2017 02:51
Last Modified: 20 Feb 2017 02:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11396

Actions (login required)

View Item View Item