LAPORAN KERJA PRAKTEK PT. INDO ACIDATAMA Tbk. UNIT ETHYL ACETATE (UNIT 500) KARANGANYAR dengan TUGAS KHUSUS NERACA MASSA TOTAL DAN KOMPONEN DA-502

Prawidya, Panji (2011) LAPORAN KERJA PRAKTEK PT. INDO ACIDATAMA Tbk. UNIT ETHYL ACETATE (UNIT 500) KARANGANYAR dengan TUGAS KHUSUS NERACA MASSA TOTAL DAN KOMPONEN DA-502. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img] Text
COVER LAP.pdf

Download (254kB)

Abstract

PT. Indo Acidatama Tbk terletak di Desa Kemiri, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, 15 km ke arah timur laut kota Solo dan 2 km dari jalan Raya Palur-Sragen. Pabrik ini merupakan pabrik ethanol terbesar di Indonesia dan juga pabrik ethanol Integrated ( selain memproduksi ethanol juga memproduksi asam cuka dan ethyl asetate) pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang terletak dalam satu komplek dan merk dagang PT. INDO ACIDATAMA, Tbk. Pabrik ini beroperasi secara komtinyu 24 jam/hari. Bentuk perusahaan PT. Indo Acidatama Tbk termasuk dalam golongan Perseroan Terbatas (PT) yang berstatus Tbk (Terbuka). Hal ini berarti bahwa PT. Indo Acidatama Tbk merupakan perusahaan yang telah secara resmi dapat mengikutsertakan sebagian besar saham milik perusahaan ke Bursa Efek Jakarta (BEJ) untuk diperjualbelikan kepada pihak lain (go public). Sistem kerja karyawan shift dan day shift dengan jumlah karyawan 393 orang. Unit Ethyl Asetate merupakan salah satu bagian dari unit proses yang ada di PT. INDO ACIDATAMA, Tbk. Unit ini dibuat melalui esterifikasi asam asetate dan ethanol dengan menggunakan katalisator resin. Setelah terjadi reaksi di RE-501, dan seksi pemurnian di Pre Column (DA 501), Concentration Column (DA 502), Extraction Column (DA 503) dan Finishing Column (DA 504) dihasilkan Ethyl Asetate dengan kemurnian 99,99% bw. Kegunaan Ethyl Acetate adalah sebagai pelarut cat, plastik, cat, percetakan, untuk kebutuhan farmasi dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 17 Feb 2017 02:42
Last Modified: 17 Feb 2017 02:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11368

Actions (login required)

View Item View Item