PENGARUH WAKTU DAN KOMPOSISI TERHADAP TITIK LEBUR DAN TINGKAT KEKILAPAN PADA PEMBUATAN GLASIR PT. HOMEWARE INTERNATIONAL INDONESIA

FITRI RAMADHANI, LENI (2015) PENGARUH WAKTU DAN KOMPOSISI TERHADAP TITIK LEBUR DAN TINGKAT KEKILAPAN PADA PEMBUATAN GLASIR PT. HOMEWARE INTERNATIONAL INDONESIA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
INTISARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keramik adalah segala macam bentuk benda yang dibuat dari tanah liat atau lempung dan dibakar. Dalam pembuatan benda keramik, secara umum ada beberapa proses yaitu : proses pembentukan, proses pencetakan, pengeringan dan pengglasiran. Glasir merupakan suatu macam lapisan gelas khusus yang di formulasikan secara kimia, agar melekat pada permukaan tanah liat atau melebur kedalam bodi keramik pada waktu pembakaran yang umumnya di buat dari campuran bahan-bahan silika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh waktu penggilingan dan komposisi yang sesuai agar glasir yang dihasilkan sesuai standar yang diharapkan. Penelitian dilakukan di PT. Homeware International Indonesia dengan menggunakan rangkaian alat Ball Mill. Cara kerja yang dilakukan dengan penimbangan komposisi kemudian penggilingan bahan baku dengan ditambahkan 490 ml air dengan variasi waktu penggilingan 5 jam, 8 jam dan 10 jam. Hasil penggilingan dengan metode Ball Mill ini dilakukan di PT. Homeware International Indonesia dengan faktor yaitu komposisi dan lama penggilingan. Faktor ini terdiri dari 3 level yaitu 5 jam, 8 jam dan 10 jam dengan 10 sampel komposis glasir yang berbeda. Glasir yang terbaik diperoleh pada sampel 2 dengan lama penggilingan 8 jam yaitu memiliki permukaan halus, secara visual mengkilap ( glossy) dan titik lebur pada strip ke-5. Sedangkan pada kelompok dengan waktu 5 jam sampel 5 menghasilkan warna mendekati warna standar dan pada kelompok waktu 10 jam sampel 6 menghasilkan glasir yang gloosy dan warna mendekati standar. Kata kunci : Ball mill, Glasir, Sanitary Ware.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 14 Feb 2017 06:48
Last Modified: 14 Feb 2017 06:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11325

Actions (login required)

View Item View Item