PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS, STRATEGI OPERASI DAN ADOPSI TEKNOLOGI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PADA SENTRA INDUSTRI KERAJINAN KULIT DI MANDING BANTUL YOGYAKARTA

Nugroho, Nedi (2011) PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS, STRATEGI OPERASI DAN ADOPSI TEKNOLOGI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PADA SENTRA INDUSTRI KERAJINAN KULIT DI MANDING BANTUL YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Nedi Nugroho.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui dan menganalisa peran strategi operasi terhadap kinerja operasional, 2) untuk mengetahui dan menganalisa peran adopsi teknologi dalam memperkuat pengaruh antara strategi operasi terhadap kinerja operasional, dan 3) untuk mengetahui dan menganalisa peran adopsi teknologi dalam memperkuat pengaruh antara strategi operasi terhadap kinerja operasional. Penelitian ini dilakasanakan pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2011 di Sentra Industri Kerajinan Kulit di Manding, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif asosiatif yang bersifat klausal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 33 home industry dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh/sensus. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah Multivariate Multiple Regression Analysis (MMRA) untuk mengetahui apakah lingkungan bisnis berpengaruh signifikan terhadap strategi operasi dan Moderated Regression Analysis (MRA) untuk mengetahui pengaruh strategi operasi terhadap kinerja operasional serta mengetahui peran adopsi teknologi (soft technology) yang memperkuat pengaruh strategi operasi terhadap kinerja operasional. Dari hasil analisis data maka dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Ada pengaruh signifikan lingkungan bisnis terhadap dimensi strategi operasi yang meliputi : biaya rendah, strategi fleksibilitas, dan strategi pengiriman. Namun tidak ada pengaruh signifikan lingkungan bisnis dengan dimensi kualitas. 2. Ada pengaruh signifikan dimensi strategi operasi dengan kinerja operasional yang dimoderasi oleh variabel adopsi teknologi (soft technology) sebagai variabel bebas maupun variabel moderator yang memperkuat kinerja operasional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 14 Feb 2017 02:59
Last Modified: 14 Feb 2017 02:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11302

Actions (login required)

View Item View Item