EVALUASI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI SARUNG TANGAN GOLF DENGAN METODE JOB ORDER COSTING (Studi kasus pada PT.BUDI MANUNGGAL)

PATRIO UTOMO, RAHMAD (2012) EVALUASI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI SARUNG TANGAN GOLF DENGAN METODE JOB ORDER COSTING (Studi kasus pada PT.BUDI MANUNGGAL). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (96kB)

Abstract

Informasi mengenai biaya pokok produksi merupakan salah satu jenis informasi yang penting bagi manajemen untuk tujuan penentuan harga jual pengendalian biaya, penilaian prestasi, dan pengambilan keputusan. Harga pokok produksi yang tidak akurat akan menyebabkan kesalahan dalam pengambilan keputusan terhadap produk yang diproduksi. PT Budi Manunggal adalah perusahaan yang menggunakan cara perhitungan biaya yang didasarkan pada kapasitas produksi rata-rata, sehingga hasil perhitungannya tidak akurat Perusahaan ini menerapkan sistem produksi make to order, maka metode perhitungan yang tepat adalah menggunakan metode job order costing. Metode ini menganalisis harga berdasarkan biaya yang dikeluarkan setiap order pekerjaan. Cara perhitungannya yang pertama adalah mengelompokan bahan baku, tenaga kerja dan overhead pabrik berdasarkan setiap produk pesanan, yang kedua menghitung biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik yang digunakan setiap produk pesanannya, yang ketiga menjumlahkan semua biaya berdasarkan data biaya yang digunakan setiap produk pesanannya. Perhitungan yang dilakukan dengan metode job order costing menunjukkan HPP sebesar $ 17.93 untuk produk Aerocool, $ 16.87 untuk produk Callaway, dan $ 19.97 untuk produk TourX. Nilai tersebut lebih besar dibanding dengan perhitungan perusahaan yang senilai $ 10.6 untuk produk Aerocool, $ 9.54 untuk produk Callaway, dan $ 12.64 untuk produk TourX. Dengan selisih biaya rata-rata $ 7.33. Hasil perhitungan harga pokok produksi berdasarkan metode pesanan (Job Order Costing) lebih besar $ 7.33 untuk produk Aerocool dan produk Tour X, lebih besar $ 7.32 untuk produk Callaway jika dibandingkan dengan perhitungan sebelumnya. Hal tersebut akan mmengurangi laba perusahaan sebelumnya, tetapi laba yang diperoleh ini adalah laba bersih yang sebenarnya (lebih akurat). Kata kunci : Harga Pokok Produksi, Job Order Costing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Feb 2017 02:48
Last Modified: 14 Feb 2017 02:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11297

Actions (login required)

View Item View Item