SISTEM INFORMASI AKADEMIK (Studi Kasus Sekolah Dasar Muhammadiyah Sapen)

Dwi Kartika, Diah (2012) SISTEM INFORMASI AKADEMIK (Studi Kasus Sekolah Dasar Muhammadiyah Sapen). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ri.pdf]
Preview
Text
ri.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Konvergensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang sangat pesat. Ternyata hal itu
tidak linear dengan kondisi sektor pendidikan khususnya di negara yang sedang berkembang seperti
Indonesia. Krisis semakin kentara ketika kurikulum yang diajarkan menjadi kurang bermakna karena
tidak ada relevansi dengan kehidupan aktual siswa. Berulang kali UNESCO menyatakan bahwa
masalah kualitas pendidikan pada saat ini sangat ditentukan oleh manajemen sekolah yang berbasis
TIK. Metodologi yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini menggunakan metode
pengembangan sistem waterfall (siklus air terjun). Serta dibutuhkan tools untuk mendukung aplikasi
ini, yang dapat mendukung basis data yaitu PHP sebagai bahasa pemrogramannya dan, MySQL
sebagai basis datanya. Oleh karena itu penerapan Sistem Informasi Akademik diharapkan bisa
menjadi solusi jitu untuk mengatasi krisis. Sistem Informasi Akademik merupakan aplikasi berbasis
elektronik yang membantu penyelenggara satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah
menerapkan manajemen berbasis sekolah (MBS) sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
Sistem Informasi Akademik dapat melayani pemberian informasi dengan cepat dan mudah, Sistem
Informasi Akademik ini akan difokuskan pada Manajemen Data Akademik (Siswa, Guru, Kurikulum,
Nilai, Absensi). Selanjutnya dapat dilakukan penambahan fitur lain untuk data Buku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 14 Feb 2017 02:46
Last Modified: 14 Feb 2017 02:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11295

Actions (login required)

View Item View Item