GEOLOGI DAN STUDI FASIES FORMASI JATEN DAN FORMASI PUNUNG DAERAH SUMBEREJO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN BATUWARNO, KABUPATEN WONOGIRI PROVINSI JAWA TENGAH

Wibowo, Sutrio (2011) GEOLOGI DAN STUDI FASIES FORMASI JATEN DAN FORMASI PUNUNG DAERAH SUMBEREJO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN BATUWARNO, KABUPATEN WONOGIRI PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Sutrio Wibowo.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Daerah penelitian termasuk dalam wilayah yang berada di Zona Pegunungan Selatan yang terletak di Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis berada pada koordinat 494500 mE – 500500 mE dan 9116000 mN dan 9121000 mN (UTM WGS 84) yang tercakup dalam lembar Giriwoyo, lembar peta nomor 1407-644 dengan skala 1 : 12.500 dengan luas daerah 6 x 5 Km2. Secara umum bentang alam dikontrol oleh faktor litologi, struktur dan proses erosi, berdasarkan faktor – faktor tersebut dengan menggunakan klasifikasi Verstappen (1985) maka pada daerah telitian ini dapat dibedakan menjadi empat satuan morfologi, yakni : Perbukitan Homoklin (S1), Perbukitan Sinklin (S2), Lembah Sinklin (S3), Dataran Aluvial (F1), Tubuh Sungai (F2). Stratigrafi daerah telitian dari tua ke muda terdiri dari satuan breksi Besole (Miosen Awal), satuan batupasir-kuarsa Jaten (Miosen Tengah), satuan batugamping terumbu-kalsirudit Punung (Miosen Tengah), satuan kalkarenit-kalsilutit Punung (Miosen Tengah), Satuan batulempung-hitam Baturetno (Pleistosen), Endapan aluvial (Kwarter). Struktur geologi yang berkembang pada daerah telitian berupa kemiringan kedudukan lapisan batuan, struktur kekar, sesar mendatar Melikan dengan jenis Thrust Left Slip Fault (Rickard, 1972) yang berarah barat laut-tenggara dan sinklin Winong dengan jenis Upright Horizontal Fold (Fluety, 1964). Dari hasil pengamatan dilapangan, analisa profil dan petrografis dapat disimpulkan bahwa satuan batupasir-kuarsa Jaten pada daerah telitian merupakan Fasies Sand flats dan diendapkan pada lingkungan intertidal on tidal flat (Dalrymple, vi 1992 dalam Walker & James, 1992). Sedangkan untuk satuan batuan karbonat Punung didapatkan fasies” Rudstone-Boundstone”, yang disimpulkan bahwa fasies ini diendapkan pada lingkungan subtidal on inner shelf dan Fasies ” PackstoneWackstone”Algae-Foram, disimpulkan bahwa fasies ini diendapkan pada lingkungan subtidal on inner shelf (Friedmen & Reeckman).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 14 Feb 2017 02:20
Last Modified: 14 Feb 2017 02:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11283

Actions (login required)

View Item View Item