PENGARUH PRAKTEK CORPORATE GOVERNANCE , KESEMPATAN PERTUMBUHAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2007)

PRIMITA, LIA (2011) PENGARUH PRAKTEK CORPORATE GOVERNANCE , KESEMPATAN PERTUMBUHAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2007). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah praktek corporate governance (Komite Audit, Dewan Komisaris Independen, Kualitas Audit, Kepemilikan Manajerial dan Komposisi Aktiva), kesempatan bertumbuh, dan ukuran perusahaan, baik secara simultan maupun secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dari Perusahaan Perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dengan data yang periode tahun 2004 sampai dengan tahun 2007. Data dalam penelitian ini akan diuji dengan menggunakan alat analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa secara serentak atau secara simultan variabel-variabel komite audit (X1), dewan komisaris independen (X2), kualitas audit (X3), kepemilikan manajerial (X4) dan komposisi aktiva (X5), kesempatan bertumbuh (X6), dan ukuran perusahaan (X7) berpengaruh positif yang relatif kuat dan secara statistik signifikan terhadap kinerja perusahaan yang diukur dengan rumus ROE. Selanjutnya, secara parsial, variabel komite audit (X1), dewan komisaris independen (X2), kualitas audit (X3), kepemilikan manajerial (X4), kesempatan bertumbuh (X6), dan ukuran perusahaan (X7), masing-masing memiliki pengaruh lemah dan signifikan terhadap kinerja perusahaan yang diukur dengan rumus ROE (Y). Sedangkan variable komposisi aktiva (X5) juga memiliki pengaruh lemah tetapi pengaruh tersebut tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan yang diukur dengan rumus ROE (Y). Kata Kunci: Komite Audit, Dewan Komisaris Independen, Kualitas Audit, Kepemilikan Manajerial, Komposisi Aktiva, Kesempatan Bertumbuh , Ukuran Perusahaan Dan Kinerja Perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 14 Feb 2017 02:06
Last Modified: 14 Feb 2017 02:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11280

Actions (login required)

View Item View Item