PENENTUAN KOMBINASI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KUAT TARIK BENANG CD-40 DENGAN METODE TAGUCHI (Studi kasus pada PT. Dan Liris)

Basa, Meti (2012) PENENTUAN KOMBINASI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KUAT TARIK BENANG CD-40 DENGAN METODE TAGUCHI (Studi kasus pada PT. Dan Liris). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ri.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

PT.Dan Liris merupakan perusahaan dengan jenis usaha tekstil terpadu yang memproduksi bebagai jenis benang dan tekstil. Salah satu diantaranya adalah benang jenis CD-40. Kadangkala divisi Spinning menerima surat complaindari pihak Weaving oleh karena benang CD-40 memiliki kuat tarik kurang maksimal .Sebagai jalan keluar dari masalah tersebut maka peneliti menggunakan eksperimen dengan metode Taguchi . Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kuat tarik benang, sehingga dapat ditentukan setting kombinasi faktor-faktor yang optimal. Karakteristik kualitas dalam penelitian ini adalah kuat tarik benang CD-40 dengan jenis large the better. Rancangan eksperimen yang digunakan adalahrancangan eksperimen metode Taguchi dengan model matriks orthogonal L ൫ ൯. Kemudian dilakukan eksperimen konfirmasi yang merupakan penerapan setting optimal eksperimen Taguchi. Analisis data yang భయ dilakukan berdasarkan pengoptimalan Signal to Noise (rasioS/N) dan Analysis of Variance (ANOVA)dengan interval kepercayaan 90%. Hasil analisa menunjukkan bahwa kombinasi level faktor optimal yang menghasilkan nilai rata-rata kuat tarik benang CD-40 adalah TPI sebanyak 29,73 pada level 3 ( A , RPM sebanyak 14.500 pada level 1 (B ) dan Distance Clip berwarna kuning pada level 2 (C . Berdasarkan setting mesin yang optimal , hasil dari eksperimen konfirmasi menunjukkan rata-rata kuat tarik benang CD-40 antara 218,624 gr force samapai dengan 223,376 gr force. Kata kunci : Metode Taguchi, Orthogonal Array, Signal toNoise Ratio, ANOVA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Feb 2017 04:20
Last Modified: 10 Feb 2017 04:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11268

Actions (login required)

View Item View Item