PERANAN WORLD VISION INDONESIA ( WVI ) DALAM PENINGKATAN PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN, KESEHATAN DAN HAK IDENTITAS ANAK DI INDONESIA

NIRWANA SOLIN, HEIDI (2012) PERANAN WORLD VISION INDONESIA ( WVI ) DALAM PENINGKATAN PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN, KESEHATAN DAN HAK IDENTITAS ANAK DI INDONESIA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ri.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Organisasi Internasional adalah sebuah struktur lembaga yang terdiri dari beberapa negara yang diwakili baik oleh pemerintah, individu, maupun asosiasi- asosiasi swasta yang memiliki tujuan untuk mencapai kepentingan nasional masing- masing negara. Organisasi Internasional berperan untuk mempengaruhi kebijakan negara anggotanya, negara anggota dapat lebih diperhatikan secara internasional dan negara-negara anggota dapat menjalin kerja sama. Organisasi Internasional dibagi dalam dua kelompok yaitu International Government Organisasion (IGO) dan International Non Government Organisasion (INGO). Secara umum INGO di Indonesia melakukan perannya dengan cara bekerja sama atau menjadi partner kerja dari pemerintah. INGO membantu pemerintah dalam melaksanakan peran-peran yang belum mampu ditangani dengan baik oleh pemerintah. Efektivitas dari INGO itu sendiri dapat dilihat dari bagaimana INGO tersebut dapat menjalankan perannya dengan baik. Keberhasilan nya dapat diukur dari bagaimana INGO itu menjalin kerja sama dengan pemerintah, seberapa besar masyarakat yang mau menerima pelayanannya dan seberapa besar dampak yang diberikan kepada masyarakat serta kemampuan INGO tersebut untuk dapat menjalankan perannya dengan baik sesuai program-program kerja yang telah dibuat. Persoalan hak anak sering diabaikan dan dianggap sebagai masalah yang tidak serius di Indonesia. Di dalam hampir seluruh perencanaan apa pun di negara Indonesia, selalu saja hak anak dikesampingkan. Oleh sebab itu Konvensi hak Anak(KHA) yang kemudian diikuti lahirnya undang–undang dan peraturan domestik yang mengikuti KHA tersebut merupakan pintu harapan terpenuhinya hak–hak anak di Indonesia. World Vision Indonesia merupakan organisasi yang bertujuan untuk membantu anak-anak di Indonesia yang bukan saja tidak terpenuhi haknya namun menjadi korban eksploitasi baik dari keluarga maupun orang dewasa lainnya. WVI berusaha untuk meminimalisir segala bentuk pelanggaran yang terjadi pada anak. Sebagai salah satu organisasi yang bergerak di bidang perlindungan anak, WVI sangat membantu tumbuh kembang anak–anak dalam pemenuhan hak–haknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:28
Last Modified: 30 Jan 2017 03:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11192

Actions (login required)

View Item View Item