SIKAP PEMIRSA TERHADAP PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER PADA IKLAN HONDA VARIO DI TELEVISI : Studi pada mahasiswa ILmu Adminitrasi Bisnis Fisip UPN "Veteran" Yogyakarta

ASBANI, ASRUL (2012) SIKAP PEMIRSA TERHADAP PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER PADA IKLAN HONDA VARIO DI TELEVISI : Studi pada mahasiswa ILmu Adminitrasi Bisnis Fisip UPN "Veteran" Yogyakarta. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ri.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Guna memenangkan persaingan dalam penjualan produk motor matic, PT. Astra Honda Motor (AHM) mencoba melakukan promosi melalui iklan dengan ”menarik” public figur terkenal Agnes Monica. Agnes adalah artis Ibu Kota yang sudah dikenal di mana-mana, sehingga dalam pandangan produsen, produk yang diiklankan bisa sukses di pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap pemirsa terhadap penggunaan celebrity endorser pada iklan honda vario ditelevisi pada mahasiswa Ilmu Admisitrasi Bisnis Fisip UPN Veteran Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode survey. Variabel dalam penelitian ini adalah sikap pemirsa terhadap penggunaan celebrity endorser. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fisip UPN Veteran Yogyakarta sebanyak 405 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 20% dari populasi sehingga sampelpenelitian adalah 405 x 20% = 81 orang. Sampel yang akan diambil menggunakan teknik simple ramdom sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan untuk mengkaji sikap konsumen terhadap terhadap iklan menggunakan teori Fishbein Attitude model. Berdasarkan hasil penelitian dan Analisis Fishbein yang telah diuraikan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa sikap mahasiswa Ilmu Admisitrasi Bisnis Fisip UPN Veteran Yogyakarta terhadap celebrity endorser adalah positif. Saran yang dapat diberikan adalah berdasar pada penelitian ini dengan Analisis Fisbhein sebaiknya perusahan dalam pembuatan iklan melalui media televisi memperhatikan atribut-atribut celebrity endorser yang dapat mempengaruhi sikap masyarakat. Atribut-atribut celebrity endorser tersebut yaitu daya tarik (attractiveness), kepercayaan (trustworthiness), keahlian (expertise), kualitas dihargai (respect) dan kesamaan dengan audience yang dituju (audience). Berdasarkan penelitian ini, untuk perusahaan sebaiknya mempertahankan atribut celebrity endorser yaitu daya tarik (attractiveness) dan memperbaiki kepercayaan (trustworthiness).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:23
Last Modified: 30 Jan 2017 03:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11186

Actions (login required)

View Item View Item