PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS TERHADAP STRATEGI MANUFAKTUR (Studi pada Perusahan Manufaktur di Kabupaten Sleman, Yogyakarta)

Nugroho, Zanuar (2012) PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS TERHADAP STRATEGI MANUFAKTUR (Studi pada Perusahan Manufaktur di Kabupaten Sleman, Yogyakarta). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (70kB)

Abstract

Potensi dan perkembangan perusahaan manufaktur dikabupaten Sleman, Yogyakarta berkembanga sangat baik dan menjanjikan dalam pekembangannya tapi kenyataannya masih terdapat kendala yang dihadapi oleh perusahaan manufaktur dikabupaten Sleman. Kendala yang dihadapi adalah kenaikan biaya produksi disebabkan oleh biaya bahan baku yang meningkat, makin berkurangnya tenanga terampil dalam bidang ini, langkanya bahan baku yang disebabkan karena makin berkurangnya bahan baku yang tersedia dikabupaten Sleman, Yogyakarta, dan makin berkurangnya permintaan produk dipasaran. Dengan adanya masalah ini, dan untuk menghadapi persaingan maka perlu dirumuskan strategi manufaktur yang tepat untuk perusahaan dikabupaten sleman, yogyakarta. Tuuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis pengaruh biaya bisnis, keterediaan tenaga kerja, tingkat persaiangan, dan dinamisme pasar terhadap biaya rendah. (2) Untuk menganalisis pengaruh biaya bisnis, keterediaan tenaga kerja, tingkat persaiangan, dan dinamisme pasar terhadap kualitas. (3) Untuk menganalisis pengaruh biaya bisnis, keterediaan tenaga kerja, tingkat persaiangan, dan dinamisme pasar terhadap fleksibelitas. (4) Untuk menganalisis pengaruh biaya bisnis, keterediaan tenaga kerja, tingkat persaiangan, dan dinamisme pasar terhadap strategi pengiriman. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur yang ada diabupaten Sleman, Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan mulai bulan Oktober hingga November 2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencangkup data primer dan data sekunder. Metode dan pengolahan dan analisi data menggunakan analisi kuantitatif, analisis regresi linier berganda. Hasil analisis linier berganda diketehaui bahwa total nilai tertimbang pada biaya rendah adalah 3,049, yang berarti pada saat ini biaya bisnis, ketersediaan tenagakerja, tingkat persaingan dan dinamisme pasar berpengaruh signifikan terhadap stratergi manufaktur. Hasil analisis linier berganda diketehaui bahwa total nilai tertimbang pada kualitas adalah 3,262, yang berarti pada saat ini biaya bisnis, ketersediaan tenagakerja, tingkat persaingan dan dinamisme pasar berpengaruh signifikan terhadap strategi manufaktur. Hasil analisis linier berganda diketehaui bahwa total nilai tertimbang pada biaya fleksibelitas adalah 9,076, yang berarti pada saat ini biaya bisnis, ketersediaan tenagakerja, tingkat persaingan dan dinamisme pasar berpengaruh signifikan terhadap strategi manufaktur. Hasil analisis linier berganda diketehaui bahwa total nilai tertimbang pada biaya rendah adalah 5,789, yang berarti pada saat ini biaya bisnis, ketersediaan tenagakerja, tingkat persaingan dan dinamisme pasar berpengaruh signifikan terhadap strategi manufaktur. kata kunci : Biaya bisnis, ketersediaan tenaga kerja, tingkat persaingan, dinamisme pasar, biaya rendah, kualitas, fleksibelitas, dan pengiriman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 27 Jan 2017 08:00
Last Modified: 27 Jan 2017 08:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11164

Actions (login required)

View Item View Item