PENGARUH KEPUASAN KERJA, MOTIVASI DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DI PT. ANINDYA MITRA INTERNASIONAL

Kresnata, Wesya (2012) PENGARUH KEPUASAN KERJA, MOTIVASI DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DI PT. ANINDYA MITRA INTERNASIONAL. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Organizational citizenship behavior (OCB) meningkatkan efisiensi dan efektifitas organisasi dengan memberikan kontribusi terhadap transformasi sumber daya, inovasi, dan daya adaptasi (Williams dan Anderson, 1991 dalam danan, 2007). Kepuasan kerja seharusnya merupakan penentu utama dari organizational citizenship behavior. Spector (Robbins dan Judge, 2008) mengemukakan bahwa kepuasan terhadap kualitas kehidupan kerja merupakan salah satu penentu utama OCB dari seorang karyawan. Dengan memberikan motivasi kerja kepada karyawan, berarti akan memberikan kepada karyawan dorongan untuk mengerahkan kemampuan, keahlian dan ketrampilannya dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja, motivasi dan komitmen organisasional berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuisioner. Kuisioner ditujukan pada pegawai PT. Anindya Mitra Internasional Yogyakarta. Daftar pertanyaan bersifat tertutup artinya responden memilih alternative jawaban yang telah disediakan. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara kepuasan kerja dengan OCB dengan r=0,407; R2=0,165 dan p Value=0,000. Ada hubungan antara komitmen organisasional dengan OCB yang signifikan dengan r=0,288; R2=0,83 dan p Value=0,001. Demikian pula ada hubungan yang bermakna antara kepuasan kerja dan komitmen organisasional dengan organizational citizenship behavior dengan r=0,441; R2=0,194 dan p Value=0,000. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan kepuasan kerja dengan organizational citizenship behavior. Terdapat hubungan positif dan signifikan komitmen organisasional dengan organizational citizenship behavior. Terdapat hubungan positif dan signifikan kepuasan kerja dan komitmen organisasional dengan organizational citizenship behavior.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 27 Jan 2017 02:54
Last Modified: 27 Jan 2017 02:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

View Item View Item