PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN SOLVABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

KHOYUM, KHOYUM (2012) PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN SOLVABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img] Text
Cover, Pengesahan, Motto, Kta Pengantar, Dll..pdf

Download (124kB)

Abstract

dampak yang positif dan negatif. Di suatu sisi perusahaan menyediakan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat, namun disisi lain tidak jarang masyarakat mendapat dampak negatif dari aktivitas bisnis perusahaan. Berbagai macan dampak negatif yang ditimbulkan oleh perusahaan, diantaranya polusi lingkungan, limbah yang tidak diolah, penggunaan sumber daya manusia yang tidak bertanggung jawab dan lain sebagainya. Penelitian mengenai pengungkapan tanggung jawab lingkungan dalam laporan tahunan penting untuk dilakukan. Penelitian semacam ini akan memberikan gambaran tentang pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan yang dilakukan oleh tiap-tiap perusahaan, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari faktor-faktor yang terdiri dari Likuiditas, Leverage, Profitabilitas dan Solvabilitas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Pengujian dilakukan dengan metode purposive sampling, dengan sampel 85 perusahaan yang terdaftar di BEI. Hasil pengujian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukan bahwa secara simultan variabel Likuiditas, Leverage, Profitabilitas dan Solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Sedangkan secara parsial variabel Likuiditas, Leverage, dan Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tangung jawab sosial perusahaan. Sedangkan variabel solvabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Kata kunci: Pengungkapan tanggung jawab sosial, Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Solvabilitas, BEI, purposive sampling dan analisis berganda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 26 Jan 2017 07:06
Last Modified: 26 Jan 2017 07:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11122

Actions (login required)

View Item View Item