LIKUNG, ERNIYANTI (2012) POLA KOMUNIKASI ANTAR ANGGOTA GRUP GATHERING ELF JOGJA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI TENTANG MUSIK K-POP. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
RI.pdf Download (25kB) | Preview |
Abstract
Gelombang Korea (Hallyu) merupakan fenomena yang terjadi dan menjangkiti aspek kehidupan
setiap orang di berbagai belahan. Penyebaran tersebut terjadi melalui berbagai tayangan televisi
serta muncul di berbagai media internet. Musik K-Pop menjadi salah satu cara untuk
memperkenalkan negara Korea Selatan. Terbukti dari kesuksesan yang diraih sejumlah artis serta
grup idola Korea Selatan, salah satunya adalah grup musik Super Junior. Seiring dengan hal tersebut,
muncul sejumlah ELF (sebutan penggemar Super Junior) yang berasal dari berbagai negara di dunia,
termasuk Indonesia. Lalu mereka membentuk sejumlah grup atau komunitas K-Pop sebagai ajang
kumpuldan berbagi informasi satu dengan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaiman pola komunikasi yang terjadi antar anggota grup Gathering ELF Jogja dalam
pemenuhan kebutuhan informasi tentang K-Pop. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan bersifat
deskriptif dengan menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi. Pengumpulan data dilakukan
melalui wawancara, observasi, serta diambil dari berbagai pustaka yang ada. Pengujian validitas data
dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data, data yang diperoleh disesuaikan dengan sumber
data lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa tiap anggota grup
Gathering ELF Jogja memiliki peran yang sama dalam membagikan sejumlah informasi mengenai
Super Junior. Dari hal tersebut akan memunculkan pola komunikasi antar anggota grup Gathering
ELF Jogja. Kedekatan hubungan menjadi peran utama serta intensitas tatap muka yang cukup
membantu dalam menjalin komunikasi antar anggota. Dengan begitu, ikatan emosional antar
anggota akan terjalin dengan baik.
Korean Wave (Hallyu) is a phenomenon that occurs and affects every aspect of life in many parts.
The spread occurs through a variety of television shows and appeared in various internet media. KPop
music
is
one
way
to
introduce the country of South Korea. Evidenced by the success achieved by
a number of artists as well as South Korean idol groups, one of which is a music group Super Junior.
Along with this, there is a number of ELF (Super Junior fans called) from different countries around
the world, including Indonesia. Then they formed a community or group K-Pop as a venue for
gathering and sharing information with each other. The purpose of this study was to determine how
the pattern of communication between members of the group Gathering ELF Jogja in fulfilling the
information needs of K-Pop. This research is qualitative and descriptive with explaining various
phenomena that occur. Data collected through interviews, observations, and drawn from a variety of
existing literature. Testing the validity of the data in this study using data triangulation, data
obtained adapted to other data sources. Based on these results, the authors concluded that each
member of the group Gathering ELF Jogja have the same role in sharing some information about
Super Junior. From this will bring up the pattern of communication between members of the group
Gathering ELF Jogja. The closeness of the relationship as well as the intensity of face-to-face to be
important in establishing communication between members. That way, the emotional ties between
members will be well maintained.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 26 Jan 2017 04:47 |
Last Modified: | 26 Jan 2017 04:47 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |