PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA KEPALA SEKOLAH DAN GURU TERHADAP PRODUKTIVITAS GURU SMK PEMBANGUNAN 1 KUTOWINANGUN KEBUMEN JAWA TENGAH

UTOMO, KINTOKO (2012) PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA KEPALA SEKOLAH DAN GURU TERHADAP PRODUKTIVITAS GURU SMK PEMBANGUNAN 1 KUTOWINANGUN KEBUMEN JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
ri.pdf

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Organisasi pendidikan dituntut untuk mampu bersaing dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di dalamnya. Persaingan ini dibutuhkan untuk menumbuhkan kualitas secara terus-menerus terhadap perkembangan generasi peserta didik. Salah satu organisasi yang mampu bersaing yaitu SMK Pembangunan I Kutowinangun, dimana ada berbagai faktor yang kurang mendukung dalam meningkatkan kualitas pendidikannya diantaranya kedisiplinan guru yang masih kurang, fasilitas peralatan penunjang masih kurang memadai dalam kegiatan belajar mengajar serta pihak sekolah selama ini belum dapat memberikan penghargaan yang lebih baik terhadap guru dan karyawan yang berprestasi dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh intensitas komunikasi interpersonal antara kepala sekolah dan guru di SMK Pembangunan 1, Kutowinangun, Kebumen, Jawa Tengah terhadap produktivitas guru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pembelajaran. Menurut teori ini seseorang belajar dari interaksi dengan orang lain, belajar dari pengamatan terhadap sikap dan perilaku orang lain. Proses pembelajaran yang ada dalam komunikasi interpersonal dapat mempengaruhi terjadinya perubahan sikap maupun perilaku. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal antara kepala sekolah dan guru terhadap produktivitas guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Variabel penelitian diukur menggunakan kusioner yang sebelumnya dilakukan pengujian validitas dengan menggunakan rumus product moment dan pengujian reliabilitas dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha yang pengujiannya dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 17. Analisis data dilakukan dengan teknik product moment, korelasi parsial dan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara kepala sekolah dan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas guru SMK Pembangunan 1 Kutowinangun Kebumen, Jawa Tengah sebesar 36,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dapat diartikan semakin intensif komunikasi interpersonal antara kepala sekolah dan guru maka akan semakin tinggi produktivitas guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 26 Jan 2017 04:39
Last Modified: 26 Jan 2017 04:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11115

Actions (login required)

View Item View Item