PENGEMBANGAN BERITA INDEPTH DI MEDIA ONLINE (Analisis Isi Berita pada Rubrik Fokus Majalah detik Periode Desember 2011 – April 2012)

MANDALA NOSYA, AGA (2012) PENGEMBANGAN BERITA INDEPTH DI MEDIA ONLINE (Analisis Isi Berita pada Rubrik Fokus Majalah detik Periode Desember 2011 – April 2012). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Perkembangan informasi di media online tidak dapat dipungkiri memang telah mempengaruhi masyarakat untuk hidup dalam kemudahan. Belakangan ini bisnis media online tidak diimbangi dengan akurasi dan kredibilitas informasi atau berita yang diberikan. Dalam penyampaian berita di media online sering dianggap hanya mementingkan kecepatan beritanya saja. Strategi atau inovasi baru memang harus dibuat oleh para pelaku media online untuk menangani tuntutan ini. Salah satu strategi atau inovasi yang dilakukan oleh para pelaku media online dan saat ini menjadi trend dikalangan pencari informasi yaitu majalah online. Salah satunya adalah majalah detik. majalah detik merupakan majalah online terbaru dari detik.com. Majalah ini menyajikan berita-berita indepth yang dikemas dengan menarik. Sajian utama dalam majalah detik adalah rubrik fokus. Rubrik ini berupa sajian berita indepth dengan berita-berita besar yang hangat di setiap minggunya. Untuk itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana isi berita indpeth pada rubrik fokus pada majalah detik periode Desember 2011 sampai April 2012. Penelitian menggunakan metode analisis isi dengan mengambil keseluruhan sampel periode Desember 2011 sampai April 2012 sebanyak 22 berita. Unit analisis yang digunakan antara lain penulisan judul, tema berita, narasumber, tipe liputan, konten pendukung, panjang berita, fungsi berita, sifat berita, penyajian berita. Hasil penelitian menunjukkan penulisan judul pada rubrik fokus majalah detik semuanya substantif dengan persentase 100%. Tema berita yang diangkat lebih banyak bertema politik, yakni 40,9%. Narasumber yang digali didominasi oleh pejabat yang kompeten, pejabat yang populis, dan pakar, yakni 40,8%. Tipe liputan yang diambil semuanya menggunakan banyak sisi, yakni 100%. Konten pendukung didominasi oleh video, yakni 50%. Panjang berita lebih banyak disajikan dengan lebih dari atau sama dengan 26 halaman, yakni 50%. Fungsi berita didominasi oleh kombinasi antara menginformasikan (to inform) dan mengomentari (to comment), yakni 72,7%. Sifat berita lebih banyak menggunakan kombinasi antara deskriptif, argumentatif, dan informatif, yakni 81,8%. Babakan berita didominasi oleh babakan masalah dengan 77,2%. Dalam penyajian berita semuanya menggunakan eye catcher. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dibuatnya majalah detik merupakan strategi detik.com untuk mengembangkan bisnis dan sekaligus menjawab keraguan yang menganggap bahwa media online hanya mementingkan kecepatan berita saja. Detik.com dalam hal ini sudah dapat membuktikan bahwa media online juga bisa membuat berita yang lebih lengkap dan mendalam dengan kelengkapan fakta juga teknologi yang up to date pula. The information development in online media had influence society to live in simplification. However, online media business was not balanced with information and news accuracy and credibility given. In delivering news in online media is often regarded only pursued its news speed. New strategy and innovation should indeed made by online media actors to handle the needs. One of strategies or innovations conducted by online media actors and what today became trend in information searcher was online magazine. One of them was Detik Magazine. Detik Magazine was a newest online magazine from detik.com. This magazine served in-depth news that was interestingly packaged. The main rubric from Detik Magazine was Rubric Focus. This rubric was in-depth news with big warm news each week. That’s why this research was aimed to know how in-depth news content in Rubric Focus of Detik Magazine was from December 2011 through April 2012. This research used content analysis method by taking overall samples in December 2011 through April 2012 periods amounted 22 news. Analysis unit used among others title, news theme, source, coverage type, supporting content, news length, news function, news nature, news service. Research result showed that Detik Magazine title writing and Focus Rubric was all substantive with 100% percentage. News theme more in politics theme was 40.9%. Source exploited was dominated by competence officials, populist officials, and experts of 40.8%. Coverage type taken was all used many sides of 100%. Supporting contents were dominated by video of 50%. News length was more served more or same with 26 pages of 50%. News function was dominated by combination between to inform and to comment of 72.7%. News nature more used combination among descriptive argumentative, and informative of 81.8%. All of news service was using eye catcher. The conclusion from this research was that Detik Magazine was a detik.com strategy to develop its business and also responded doubt that regarded online media only pursued news speed. Detik.com in this subject could have proven that online media could also make more complete and in-depth news with fact complement and also an up-to-date technology.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 26 Jan 2017 01:42
Last Modified: 26 Jan 2017 01:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11094

Actions (login required)

View Item View Item