MANDALA NOSYA, AGA (2012) PENGEMBANGAN BERITA INDEPTH DI MEDIA ONLINE (Analisis Isi Berita pada Rubrik Fokus Majalah detik Periode Desember 2011 – April 2012). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRACT.pdf Download (40kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan informasi di media online tidak dapat dipungkiri memang
telah mempengaruhi masyarakat untuk hidup dalam kemudahan. Belakangan ini
bisnis media online tidak diimbangi dengan akurasi dan kredibilitas informasi atau
berita yang diberikan. Dalam penyampaian berita di media online sering dianggap
hanya mementingkan kecepatan beritanya saja. Strategi atau inovasi baru memang
harus dibuat oleh para pelaku media online untuk menangani tuntutan ini. Salah
satu strategi atau inovasi yang dilakukan oleh para pelaku media online dan saat
ini menjadi trend dikalangan pencari informasi yaitu majalah online. Salah
satunya adalah majalah detik. majalah detik merupakan majalah online terbaru
dari detik.com. Majalah ini menyajikan berita-berita indepth yang dikemas dengan
menarik. Sajian utama dalam majalah detik adalah rubrik fokus. Rubrik ini berupa
sajian berita indepth dengan berita-berita besar yang hangat di setiap minggunya.
Untuk itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana isi berita
indpeth pada rubrik fokus pada majalah detik periode Desember 2011 sampai
April 2012. Penelitian menggunakan metode analisis isi dengan mengambil
keseluruhan sampel periode Desember 2011 sampai April 2012 sebanyak 22
berita. Unit analisis yang digunakan antara lain penulisan judul, tema berita,
narasumber, tipe liputan, konten pendukung, panjang berita, fungsi berita, sifat
berita, penyajian berita. Hasil penelitian menunjukkan penulisan judul pada rubrik
fokus majalah detik semuanya substantif dengan persentase 100%. Tema berita
yang diangkat lebih banyak bertema politik, yakni 40,9%. Narasumber yang digali
didominasi oleh pejabat yang kompeten, pejabat yang populis, dan pakar, yakni
40,8%. Tipe liputan yang diambil semuanya menggunakan banyak sisi, yakni
100%. Konten pendukung didominasi oleh video, yakni 50%. Panjang berita lebih
banyak disajikan dengan lebih dari atau sama dengan 26 halaman, yakni 50%.
Fungsi berita didominasi oleh kombinasi antara menginformasikan (to inform)
dan mengomentari (to comment), yakni 72,7%. Sifat berita lebih banyak
menggunakan kombinasi antara deskriptif, argumentatif, dan informatif, yakni
81,8%. Babakan berita didominasi oleh babakan masalah dengan 77,2%. Dalam
penyajian berita semuanya menggunakan eye catcher. Kesimpulan dari penelitian
ini adalah dibuatnya majalah detik merupakan strategi detik.com untuk
mengembangkan bisnis dan sekaligus menjawab keraguan yang menganggap
bahwa media online hanya mementingkan kecepatan berita saja. Detik.com dalam
hal ini sudah dapat membuktikan bahwa media online juga bisa membuat berita
yang lebih lengkap dan mendalam dengan kelengkapan fakta juga teknologi yang
up to date pula.
The information development in online media had influence society to live
in simplification. However, online media business was not balanced with
information and news accuracy and credibility given. In delivering news in online
media is often regarded only pursued its news speed. New strategy and innovation
should indeed made by online media actors to handle the needs. One of strategies
or innovations conducted by online media actors and what today became trend in
information searcher was online magazine. One of them was Detik Magazine.
Detik Magazine was a newest online magazine from detik.com. This magazine
served in-depth news that was interestingly packaged. The main rubric from Detik
Magazine was Rubric Focus. This rubric was in-depth news with big warm news
each week. That’s why this research was aimed to know how in-depth news
content in Rubric Focus of Detik Magazine was from December 2011 through
April 2012. This research used content analysis method by taking overall samples
in December 2011 through April 2012 periods amounted 22 news. Analysis unit
used among others title, news theme, source, coverage type, supporting content,
news length, news function, news nature, news service. Research result showed
that Detik Magazine title writing and Focus Rubric was all substantive with 100%
percentage. News theme more in politics theme was 40.9%. Source exploited was
dominated by competence officials, populist officials, and experts of 40.8%.
Coverage type taken was all used many sides of 100%. Supporting contents were
dominated by video of 50%. News length was more served more or same with 26
pages of 50%. News function was dominated by combination between to inform
and to comment of 72.7%. News nature more used combination among descriptive
argumentative, and informative of 81.8%. All of news service was using eye
catcher. The conclusion from this research was that Detik Magazine was a
detik.com strategy to develop its business and also responded doubt that regarded
online media only pursued news speed. Detik.com in this subject could have
proven that online media could also make more complete and in-depth news with
fact complement and also an up-to-date technology.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 26 Jan 2017 01:42 |
Last Modified: | 26 Jan 2017 01:42 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11094 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |