ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI KANTOR DINAS PERIZINAN KOTA YOGYAKARTA

C. DE S. MARIANO, IMACULADA (2012) ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI KANTOR DINAS PERIZINAN KOTA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Dinas Perizinan merupakan kantor pemerintahan yaang memberikan
pelayanan kepada masyarakat berupa izin. Contoh jenis izin yang ada di dinas
perizinan yaitu IMBB, HO atau izin gangguan, Jenis penelitian. Dalam dinas
perizinan yang bertugas memberikan pelayanan izin disebut petugas loket, dan yang
mengajukan izin di dinas perizinan disebut pemohon. Jenis ijin hanya berlaku
dilingkup kota Yogyakarta. Komunikasi interpersonal dalam memberikan pelayanan
kepada masyarakat di Kantor Dinas Perizinan Kota Yogyakarta menjadi rumusan
masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teori Komunikasi
Interpersonal yang dikembangkan oleh Joseph A.Devito dan Littlejohn. Model
analisis komunikasi interpersonal ini dipakai untuk menjelaskan cara fakta disusun
(sintaknis), sebuah fakta dikisahkan (skrip) dan ditulis (tematik), kemudian fakta
tersebut ditekankan (retoris). Melalui cara-cara tersebut dapat diketahui Komunikasi
Interpersonal Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat Di Kantor Dinas
Perizinan Kota Yogyakarta. Pelayanan yang diberikan Dinas Perizinan memuaskan
karena memiliki keandalan, maksudnya kemampuan petugas loket untuk memberikan
pelayanan kepada pemohon sesuai dengan janji yang ditawarkan(pasti dalam syarat,
pasti dalam waktu, dan pasti dalam biaya), jaminan, empati yang diberikan oleh
petugas loket kepada pemohon guna memahami keinginan dan kebutuhan pemohon,
serta mampu menangani pengaduan pemohon. Semua ini diberikan guna menjaga
eksistensi Dinas Perizinan Kota Yogyakarta dengan memberikan pelayanan yang
memuaskan dengan menyesuaikan terhadap perkembangan zaman dan tidak
mengurangi regulasi yang sudah ditetapkan Dinas Perizinan Kota Yogyakarta

Authoritative Department is one of government office that providing license for
public such as IMBB, HO or disturbance license and research. In this department staff
who responsible for provide license called counter operator and those whom
proposing license called applicant. The license only restricted in Yogyakarta city.
Interpersonal communication in providing service in Authorization Department on
Yogyakarta municipal selected as problem in present research. Interpersonal
communication theory developed by Joseph A. Devito and Littlejohn employed to
explain syntax, scripts and thematic and rhetoric. Through those procedures analysis
it known that service is part of office service that provide relevant need to its
costumer; such as providing information concerning license proposal to applicant.
Authorization Department has motto within providing (license namely certainty in
requirement, time and cost), assurance, empathy which given by the customer service
to the customer service is able to handle customer complaints. Satisfying service
provided by this department is propose to maintain the existence of Authoritative
Department of Yogyakarta by adjusting the progress without reduce the regulation

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 25 Jan 2017 08:48
Last Modified: 25 Jan 2017 08:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11090

Actions (login required)

View Item View Item