ANALISIS SEMIOTIKA REPPRESENTASI GAYA KOMUNIKASI RAJA GEORGE VI DALAM FILM THE KING’S SPEECH

DIMYATI, PUTIKA (2012) ANALISIS SEMIOTIKA REPPRESENTASI GAYA KOMUNIKASI RAJA GEORGE VI DALAM FILM THE KING’S SPEECH. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (42kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Semiotika Representasi Gaya Komunikasi dalam film The King’s Speech Bertujuan untuk mengetahui representasi gaya komunikasi yang disampaikan dalam simbol-simbol pada film The King’s Speech dan menganalisa tentang dinamika sosial yang digambarkan dengan adegan-adegan yang mewakili antara lain bagaimana cara raja George VI berkomunikasi dengan istrinya, dengan anaknya, dengan guru yang sekaligus sahabatnya, dan dengan rakyatnya dan bagaimana mengatasi masalah kecemasan dalam dirinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika dari pemikiran Roland Barthes, dimana dalam teori ini dijelaskan bahwa tanda harus memiliki dua unsur yang saling berhubungan dan tidak terpisahkan yaitu signifier dan signified. Penelitian dalam film The King’s Speech menyimpan representasi gaya yang berbeda dalam penyajiannya baik itu secara pasif yang menimbulkan efek kecemasan, setiap individu memiliki berbagai preferensi untuk berkomunikasi dengan orang lain dan menafsirkan komunikasi dengan orang lain. Analisis data dalam penelitian ini berupa penjelasan deskriptif kualitatif yang bersifat eksploratif untuk menggambarkan suatu fenomena yang terjadi yang dituangkan dalam film The King’s Speech, mengkaji kepada tanda-tanda dan simbol-simbol yang digunakan. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data, dari hasil penelitian yang dilakukan dalam film The King’s Speech dijelaskan bahwa film menjadi media pendidikan yang efektif, tentang sejarah, persahabatan, dan sikap diri bagaimana gaya komunikasi seorang raja yang menderita kecemasan hingga membuuat dirinya menderita gagap saat harus berkomunikasi dengan istrinya, anaknya, sahabatnya dan dengan rakyatnya dalam lingkungan yang berbeda. Melalui terapi yang dilakukan secara terus menerus akhirnya raja dapat mengatasi kecemasannya sehingga dia dapat berbicara secara normal saat membacakan sebuah pidato kenegaraan The study, entitled Analysis of Semiotics Representation of Communication Styles in the film The King's Speech Aims to determine the representation of the style of communication to the symbols in the film The King's Speech, and analyzes of social dynamics are illustrated with scenes representing, among others, how to King George VI communicate with his wife, with two son, a teacher who once his friend, and with his people. The method used in this study is a qualitative research method using a semiotic analysis of Roland Barthes's thinking, in which the theory is explained that the sign must have two elements that are interconnected and inseparable the signifier and the signified. Research in the movie save the king's speech in the representation of different styles of presentation whether it is aggressive, passive, or assertive, each individual has different preferences for communicating with other people and interpret communication with others. Data analysis in this study a qualitative descriptive explanation of the nature of exploration to describe a phenomenon that occurs as outlined in the film The King's Speech, reviewing the signs and symbols are used. Test the validity of the data used is triangulation of data, the results of research conducted in the film The King's Speech made clear that the film became an effective medium of education, history, friendship, and the attitude of self how one should put them selves in a different environment.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 25 Jan 2017 08:07
Last Modified: 25 Jan 2017 08:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11084

Actions (login required)

View Item View Item