STRATEGI PEMASARAN DESA WISATA SEMBUNGAN DENGAN ANALISIS SWOT (Studi pada Desa Sembungan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo)

Hidayati, Putri (2012) STRATEGI PEMASARAN DESA WISATA SEMBUNGAN DENGAN ANALISIS SWOT (Studi pada Desa Sembungan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan potensi pariwisata di Desa Sembungan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi yang tepat unutk memasarkan pariwisata yang ada di Desa Sembungan Dieng Wonosobo dari hasil analisis SWOT. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara Focus Group Discussion (FGD) dan memberikan kuesioner kepada kelompok sadar wisata. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik judgment sampling yaitu salah satu jenis purposive sampling selain quota sampling dimana peneliti memilih sampel berdasarkan penilaian terhadap karakteristik anggota sampel yang disesuaikan dengan maksud penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Analisis SWOT didasarkan pada logika yang memaksimalkan kekuatan dan peluang, namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman sehingga dapat diketahui alternatif strategi yang tepat. Berdasar hasil perhitungan Internal Strategy Factor Analysis Summary (IFAS) dan Eksternal Strategy Factor Analysis Summary (EFAS) koordinat posisi bisnis Desa Sembungan terletak pada titik 2,93 untuk faktor internal dan 2,67 untuk faktor eksternal sehingga dapat ditentukan posisi bisnis Desa Sembungan berada pada sel 1 yang merupakan sel agresif. Hal ini berarti Desa Sembungan memiliki kekuatan dari lingkungan internal dan terdapat peluang dari lingkungan eksternal sehingga alternatif strategi yang tepat untuk Desa Sembungan adalah strategi SO (strength – opportunity) yaitu dengan meraih peluang dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 25 Jan 2017 08:00
Last Modified: 25 Jan 2017 08:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11083

Actions (login required)

View Item View Item