PENGARUH DANA ALOKASI UMUM DAN BELANJA MODAL TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI DIY TAHUN 2005-2009

Yunitha Bau, Maria (2012) PENGARUH DANA ALOKASI UMUM DAN BELANJA MODAL TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI DIY TAHUN 2005-2009. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Maria Yunitha Bau.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan indikator untuk mengukur keberhasilan atau kinerja pembangunan di suatu daerah. Komponen dari IPM adalah indeks harapan hidup, indeks pendidikan, dan indeks standar hidup layak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota di Propinsi DIY dan untuk menganalisis pengaruh Belanja Modal (BM) terhadap Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten/Kota di Propinsi DIY. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda model log linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dana Alokasi Umum Kabupaten/Kota di Propinsi DIY berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten/Kota di Propinsi DIY. Hal ini berarti, jika Dana Alokasi Umum Kabupaten/Kota di Propinsi DIY meningkat, maka Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten/Kota di Propinsi DIY juga meningkat, dan hasil regresi berganda juga menunjukkan bahwa Belanja Modal Kabupaten/Kota di Propinsi DIY juga berpengaruh positif, tetapi tidak signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten/Kota di Propinsi DIY. Hal ini berarti, jika Belanja Modal Kabupaten/Kota di Propinsi DIY meningkat, maka Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten/Kota di Propinsi DIY akan tetap atau konstan. Kata kunci : Dana Alokasi Umum, Belanja Modal, Indeks Pembangunan Manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 25 Jan 2017 02:47
Last Modified: 25 Jan 2017 03:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11055

Actions (login required)

View Item View Item