“SITUS MEDIA SOSIAL DAN GERAKAN SOSIAL” (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Gerakan Indonesia Berkebun dalam Mensosialisasikan Urban Farming)

Nindito Jati Dennyarso, Antonius (2012) “SITUS MEDIA SOSIAL DAN GERAKAN SOSIAL” (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Gerakan Indonesia Berkebun dalam Mensosialisasikan Urban Farming). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ri.pdf]
Preview
Text
ri.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Gerakan Indonesia Berkebun merupakan gerakan sosial digital yang bertujuan
mengkonversi lahan terbengkalai menjadi lahan kebun di wilayah perkotaan. Melalui
situs media sosial dan jaringan komunitas berkebun, gerakan ini berusaha
mensosialiasikan urban farming dan menjaring dukungan sosial bagi kegiatannya.
Penelitian dilakukan terhadap strategi komunikasi Gerakan Indonesia Berkebun
dengan rumusan masalah “Bagaimana strategi komunikasi yang dijalankan Gerakan
Indonesia Berkebun dalam mensosialisasikan urban farming melalui situs media
sosial.” Tujuan penelitian adalah (1) mengidentifikasi dan menganalisa strategi
komunikasi yang dijalankan Gerakan Indonesia Berkebun dalam mensosialisasikan
urban farming melalui situs media sosial, (2)mendeskripsikan peranan forum virtual
sebagai media sosialisasi dan pembentukan Gerakan Indonesia Berkebun. Metode
penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang
menggambarkan situsi proses sosialiasi urban farming Gerakan Indonesia Berkebun
melalui situs media sosial yaitu di Facebook, Twitter, Mailing List Yahoo dan
Youtube. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
studi pustaka. Analisa data dimulai sejak data dikumpulkan kemudian data direduksi
dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukan temuan strategi komunikasi meliputi
(1) on going strategy yaitu peranan admin dan moderator forum situs media sosial
meliputi aktivitas komunikator (conversation, activation dan cocreation), (2)strategi
partisipatif pesan yaitu mengajak peran serta sasaran sosialiasi dalam mengunggah
pesan / content serta berdiskusi sehingga sosialiasi partisipatoris dan pemaknaan
urban farming terjadi, (3) strategi integritas media yaitu mengintegrasikan setiap
situs media sosial yang digunakan dengan fungsi / peranannya masing-masing
meliputi website, Facebook, Twitter, milist Yahoo dan Youtube. Sosialisasi yang
dijalankan Gerakan Indonesia merupakan bentuk sosialiasi partisipatoris yang
menekanan pada interaksi kelompok sehingga forum virtual memiliki peranan
penting. Facebook dan Twitter merupakan forum virtual sosialiasi urban farming
dengan masyarakat umum. Sedangkan forum milist Yahoo sebagai media sosialiasi
urban farming bagi penggiat Indonesia Berkebun serta proses pembentukan
Gerakan Indonesia Berkebun meliputi (1) perumusan program kegiatan, (2)pengembangan kapasitas komunitas dan perekrutan aktivis, (3) sosialisasi ideology /
perspektif, serta (4) konsolidasi. Akan tetapi terdapat kelemahan dari strategi
komunikasi yang dijalankan yaitu belum maksimalnya peran admin dan moderator
selaku komunikator sehingga menyebabkan interaksi dan content terkonsentrasi di
beberapa media.

Indonesia Berkebun is a digital social movement that aims to convert derelict land
into farm land in urban areas. Through social media sites and communities network,
this movement try to socialize urban farming and garner social support for their
activities. Research is conducted on communication strategy of Indonesia Berkebun
with the problem formulation "How to run a communication strategy that Indonesia
Berkebun have to socialize urban farming through social media sites." Research has
objective (1) to identify and analyze Indonesia Berkebun communication strategies to
socialize urban farming through social media sites, (2) to describe the role of a virtual
forum as a medium of socialization and build of the Indonesia Berkebun Movement.
The research uses qualitative method that describes process of urban farming
socialization through social media sites such as Facebook, Twitter, Yahoo Mailing
List and Youtube. The research data are obtained through interviews, observation
and literature. Data analysis was began after the data collected, data reduced and
data summarized. The research results showed communication strategy to socialize
urban farming: (1) on going strategy, namely the role of admins and moderators of
social media sites include activities communicator (conversation, activation and
cocreation), (2) message participatory strategy that invite public to upload content /
message and active discuss about urban farming so that participatory socialization
and re-meaning of urban farming occurs, (3) the media integrity strategy that
integrates all the social media sites used by the function / role of each includes a
website, Facebook, Twitter, Yahoo mailing list and Youtube. Indonesia Berkebun use
participatory socialization that focus on group interaction so that virtual forum has an
important role. Facebook and Twitter are virtual forum for socializing urban farming
to general public. While the Yahoo mailing list forum as a medium for socializing
urban farming to activist Indonesia and build Indonesia Berkebun Movement include
(1) activities program formulation, (2) capacity building and community activist
recruitment, (3)socialization ideology / perspective, and (4) consolidation. However,
there is a lack from admin and moderator as communicator in virtual forum. It cause
interactions and content be concentrated in several media.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Jan 2017 02:38
Last Modified: 25 Jan 2017 02:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11052

Actions (login required)

View Item View Item