“SITUS MEDIA SOSIAL DAN GERAKAN SOSIAL” (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Gerakan Indonesia Berkebun dalam Mensosialisasikan Urban Farming)

Nindito Jati Dennyarso, Antonius (2012) “SITUS MEDIA SOSIAL DAN GERAKAN SOSIAL” (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Gerakan Indonesia Berkebun dalam Mensosialisasikan Urban Farming). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ri.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Gerakan Indonesia Berkebun merupakan gerakan sosial digital yang bertujuan mengkonversi lahan terbengkalai menjadi lahan kebun di wilayah perkotaan. Melalui situs media sosial dan jaringan komunitas berkebun, gerakan ini berusaha mensosialiasikan urban farming dan menjaring dukungan sosial bagi kegiatannya. Penelitian dilakukan terhadap strategi komunikasi Gerakan Indonesia Berkebun dengan rumusan masalah “Bagaimana strategi komunikasi yang dijalankan Gerakan Indonesia Berkebun dalam mensosialisasikan urban farming melalui situs media sosial.” Tujuan penelitian adalah (1) mengidentifikasi dan menganalisa strategi komunikasi yang dijalankan Gerakan Indonesia Berkebun dalam mensosialisasikan urban farming melalui situs media sosial, (2)mendeskripsikan peranan forum virtual sebagai media sosialisasi dan pembentukan Gerakan Indonesia Berkebun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menggambarkan situsi proses sosialiasi urban farming Gerakan Indonesia Berkebun melalui situs media sosial yaitu di Facebook, Twitter, Mailing List Yahoo dan Youtube. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Analisa data dimulai sejak data dikumpulkan kemudian data direduksi dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukan temuan strategi komunikasi meliputi (1) on going strategy yaitu peranan admin dan moderator forum situs media sosial meliputi aktivitas komunikator (conversation, activation dan cocreation), (2)strategi partisipatif pesan yaitu mengajak peran serta sasaran sosialiasi dalam mengunggah pesan / content serta berdiskusi sehingga sosialiasi partisipatoris dan pemaknaan urban farming terjadi, (3) strategi integritas media yaitu mengintegrasikan setiap situs media sosial yang digunakan dengan fungsi / peranannya masing-masing meliputi website, Facebook, Twitter, milist Yahoo dan Youtube. Sosialisasi yang dijalankan Gerakan Indonesia merupakan bentuk sosialiasi partisipatoris yang menekanan pada interaksi kelompok sehingga forum virtual memiliki peranan penting. Facebook dan Twitter merupakan forum virtual sosialiasi urban farming dengan masyarakat umum. Sedangkan forum milist Yahoo sebagai media sosialiasi urban farming bagi penggiat Indonesia Berkebun serta proses pembentukan Gerakan Indonesia Berkebun meliputi (1) perumusan program kegiatan, (2)pengembangan kapasitas komunitas dan perekrutan aktivis, (3) sosialisasi ideology / perspektif, serta (4) konsolidasi. Akan tetapi terdapat kelemahan dari strategi komunikasi yang dijalankan yaitu belum maksimalnya peran admin dan moderator selaku komunikator sehingga menyebabkan interaksi dan content terkonsentrasi di beberapa media. Indonesia Berkebun is a digital social movement that aims to convert derelict land into farm land in urban areas. Through social media sites and communities network, this movement try to socialize urban farming and garner social support for their activities. Research is conducted on communication strategy of Indonesia Berkebun with the problem formulation "How to run a communication strategy that Indonesia Berkebun have to socialize urban farming through social media sites." Research has objective (1) to identify and analyze Indonesia Berkebun communication strategies to socialize urban farming through social media sites, (2) to describe the role of a virtual forum as a medium of socialization and build of the Indonesia Berkebun Movement. The research uses qualitative method that describes process of urban farming socialization through social media sites such as Facebook, Twitter, Yahoo Mailing List and Youtube. The research data are obtained through interviews, observation and literature. Data analysis was began after the data collected, data reduced and data summarized. The research results showed communication strategy to socialize urban farming: (1) on going strategy, namely the role of admins and moderators of social media sites include activities communicator (conversation, activation and cocreation), (2) message participatory strategy that invite public to upload content / message and active discuss about urban farming so that participatory socialization and re-meaning of urban farming occurs, (3) the media integrity strategy that integrates all the social media sites used by the function / role of each includes a website, Facebook, Twitter, Yahoo mailing list and Youtube. Indonesia Berkebun use participatory socialization that focus on group interaction so that virtual forum has an important role. Facebook and Twitter are virtual forum for socializing urban farming to general public. While the Yahoo mailing list forum as a medium for socializing urban farming to activist Indonesia and build Indonesia Berkebun Movement include (1) activities program formulation, (2) capacity building and community activist recruitment, (3)socialization ideology / perspective, and (4) consolidation. However, there is a lack from admin and moderator as communicator in virtual forum. It cause interactions and content be concentrated in several media.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Jan 2017 02:38
Last Modified: 25 Jan 2017 02:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11052

Actions (login required)

View Item View Item