TWITTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI SELEBRITIS TWITTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI SELEBRITIS TWITTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI SELEBRITIS Dengan Followers Melalui Twitter Periode 10 Agustus – 30 Agustus 2013 Dengan Followers Melalui Twitter Periode 10 Agus

Sari, Melinda Puspita (2013) TWITTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI SELEBRITIS TWITTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI SELEBRITIS TWITTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI SELEBRITIS Dengan Followers Melalui Twitter Periode 10 Agustus – 30 Agustus 2013 Dengan Followers Melalui Twitter Periode 10 Agus. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia maya (Twitter) ini tidak hanya digunakan sebagai
media komunikasi, tetapi juga digunakan untuk berinteraksi dengan teman,
keluarga ataupun selebritis. Selebritis yang diteliti oleh peneliti adalah Agnes
Monica dan Raditya Dika, karena mempunyai follower terbanyak di bandingkan
dengan selebritis lain. Followers terbanyak adalah Agnes Monica dengan
followers 7.401.941 dan Raditya Dika mempunyai followers 4.676.954. Tujuan
penelitian untuk mengetahui interaksi selebritis dengan followers dalam
menggunakan twitter sebagai media komunikasi dan mengetahui isi tweet selebriti
terhadap respon followers. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
dengan jenis Analisis isi. Penulis menganalisis isi tweet selebritis periode 10
Agustus – 30 Agustus 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan
bahasa inggris lebih di gunakan oleh Agnes Monica dengan 81,5%. Unit analisis
typography lebih banyak menggunakan Mostly Words dan Words and Links to
Picture, karena Agnes Monica memiliki 40,7% untuk kategorisasi Words and
Links dan Words and Links Picture, sedangkan Raditya Dika 43,9% Mostly Words
dan 29,9% untuk Words and Links to Picture. Unit analisis Purpose, To connect
with fans lebih mengarah ke Raditya Dika karena lebih dekat dengan follower
dengan persentase 39%, sedangkan Agnes Monica lebih dominan To Share
Interest 35,2%. Unti analisis Pass Long, Agnes Monica lebih me-Retweet tanpa
mengkomen dengan 38,9% di bandingkan Raditya Dika dengan 36,6%
menggunakan Retweet dengan mengkomen dari followers. Unit analisis Jenis
Respon lebih dominan Raditya Dika dengan 41,5% untuk tweet yang langsung di
respon dan 5,6% untuk Agnes Monica dengan tweet yang sedikit di respon.
Keywords: twitter, selebriti, interaksi, analisis isi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Jan 2017 03:09
Last Modified: 06 Sep 2024 01:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11045

Actions (login required)

View Item View Item