KOMITMEN BANTUAN PEMBANGUNAN RESMI (ODA) KOMITE DONOR (DAC-OECD) DALAM UPAYA MEWUJUDKAN TUJUAN PEMBANGUNAN MILENIUM (MDGs) DI INDONESIA

YUNANDA, ELITA (2012) KOMITMEN BANTUAN PEMBANGUNAN RESMI (ODA) KOMITE DONOR (DAC-OECD) DALAM UPAYA MEWUJUDKAN TUJUAN PEMBANGUNAN MILENIUM (MDGs) DI INDONESIA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
ri.pdf

Download (25kB)

Abstract

Skripsi ini akan menjelaskan mengenai komitmen Bantuan Pembangunan Resmi (ODA) Development Assistance Committee - Organization for Economic Cooperation and Development (DAC-OECD)terhadap upaya mewujudkan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) di Indonesia. Seperti yang telah disepakati bersama dalam Deklarasi Milenium yaitu sebuah deklarasi yang ditandatangani oleh 189 negara dan menghasilkan 8 tujuan pembangunan milenium (MDGs), yaitu tujuan 1. Memberantas kemiskinan dan kelaparan ekstrem; 2. Mencapai pendidikan dasar untuk semua; 3. Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan; 4. Menurunkan angka kematian anak; 5. Meningkatakan kesehatan ibu; 6. Memerangi HIV/AIDS, Malaria, dan penyakit menular lainnya; 7. Memastikan kelestarian lingkungan hidup; 8. Membangun kemitraan global untuk pembangunan. Dalam perkembangannya negara-negara berkembang dan miskin dituntut untuk menjalankan program MDGs sementara negara-negara maju yang tergabung dalam DAC-OECD diberi mandat sebagai donor dana bantuan luar negeri (ODA) bagi terwujudnya MDGs. Pada kasus di Indonesia, penyaluran ODA oleh negara-negara DAC-OECD tidak sesuai antara komitmen dengan realisasi yang diterima oleh pemerintah Indonesia. Hal inilah yang membuat program MDGs di Indonesia menjadi tersendat. Tujuan penulisan skripsi ini adalah memberikan informasi mengenai ketidaksesuaian antara komitmen dan realisasi ODA dari negara-negara DAC-OECD terhadap Indonesia dalam rangka mewujudkan MDGs, serta motivasi yang mendorong perilaku negara-negara DAC-OECD. Motivasimotivasi tersebut terdiri atas motivasi politik dan ekonomi dari masing-masing negara DAC-OECD. Kata kunci: Komitmen, Realisasi, ODA, DAC-OECD, MDGs, Indonesia, Motivasi, Politik, Ekonomi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Jan 2017 03:33
Last Modified: 23 Jan 2017 03:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11022

Actions (login required)

View Item View Item