POLA KOMUNIKASI GURU DAN ANAK TUNARUNGU DENGAN METODE MATERNAL REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ( Studi Deskriptif Pola Komunikasi Antara Guru dan Anak Tunarungu di Kelas P1 SLB/B Don Bosco Wonosobo )

ANDRIAWAN, RICKY (2013) POLA KOMUNIKASI GURU DAN ANAK TUNARUNGU DENGAN METODE MATERNAL REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ( Studi Deskriptif Pola Komunikasi Antara Guru dan Anak Tunarungu di Kelas P1 SLB/B Don Bosco Wonosobo ). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Merupakan suatukenyataanbahwa di dalamperkembanganmasyarakat yang modern sepertisaatini, ternyatamasihbanyakditemukananak-anaktunarungu seperti pada lembaga pendidikan SLB / B Don Bosco Wonosobo. Anak tunarungu adalah seseorang yang kehilangankemampuanmendengarpadatingkat 70 dB ISO ataulebihsehinggaiatidakdapatmengertipembicaraan orang lain melaluipembicaraansendiri, tanpaataumenggunakanalat bantu mendengar. Anak tunarungu memerlukan komunikasi untuk bersosialisasi, selain itu anak tunarungu juga memiliki pola dan metode pembelajaran tersendiri dalam berkomunikasi.Berdasarkan hal tersebut didapatkan rumusan masalah yaitu: “BagaimanakahPolaKomunikasiAnak Tunarungu denganMetode Maternal ReflektifdalamPembelajaranBahasa Indonesia di SLB/B Don BoscoWonosobo ?”Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian mennjukkan pola komunikasi yang terjadi pada anak tunarungu di lembaga ini adalah secaraface to face atausecaratatapmukakarenamengingatanaktunarungu tersebuttidakdapatmendengar,merekamengandalkanindrapenglihatanuntukmenangkappesanatauu mpanbalikdarilawanbicaranyadenganmenggunakanteknikbacabibirataulips reading. Selain itu pada metode pembelajarannya yaitu Metode Maternal Reflektif ditemukan kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya MMR sangat efektif dan membantu anak tunarungu dalam membentuk pola komunikasinya apabila diajarkan dari awal mula pendidikan pada lembaga tersebut, sedangkan kekurangannya MMRbagi anak tunarungu menjadi tidak efektif apabila proses pembelajaran tidak diajarkan dari tahapan awalnya. Kata Kunci: Pola Komunikasi Anak Tunarungu, Metode Maternal Reflektif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 20 Jan 2017 07:17
Last Modified: 20 Jan 2017 07:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11012

Actions (login required)

View Item View Item