POLA KOMUNIKASI GURU DAN ANAK TUNARUNGU DENGAN METODE MATERNAL REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ( Studi Deskriptif Pola Komunikasi Antara Guru dan Anak Tunarungu di Kelas P1 SLB/B Don Bosco Wonosobo )

ANDRIAWAN, RICKY (2013) POLA KOMUNIKASI GURU DAN ANAK TUNARUNGU DENGAN METODE MATERNAL REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ( Studi Deskriptif Pola Komunikasi Antara Guru dan Anak Tunarungu di Kelas P1 SLB/B Don Bosco Wonosobo ). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of RICKY ANDRIAWAN.pdf] Text
RICKY ANDRIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[thumbnail of Halaman_Pengesahan_dll.pdf] Text
Halaman_Pengesahan_dll.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Merupakan suatukenyataanbahwa di dalamperkembanganmasyarakat yang modern
sepertisaatini, ternyatamasihbanyakditemukananak-anaktunarungu seperti pada lembaga
pendidikan SLB / B Don Bosco Wonosobo. Anak tunarungu adalah seseorang yang
kehilangankemampuanmendengarpadatingkat 70 dB ISO
ataulebihsehinggaiatidakdapatmengertipembicaraan orang lain melaluipembicaraansendiri,
tanpaataumenggunakanalat bantu mendengar. Anak tunarungu memerlukan komunikasi untuk
bersosialisasi, selain itu anak tunarungu juga memiliki pola dan metode pembelajaran tersendiri
dalam berkomunikasi.Berdasarkan hal tersebut didapatkan rumusan masalah yaitu:
“BagaimanakahPolaKomunikasiAnak Tunarungu denganMetode Maternal
ReflektifdalamPembelajaranBahasa Indonesia di SLB/B Don BoscoWonosobo ?”Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Hasil dari penelitian mennjukkan pola komunikasi yang terjadi pada anak tunarungu di lembaga
ini adalah secaraface to face atausecaratatapmukakarenamengingatanaktunarungu
tersebuttidakdapatmendengar,merekamengandalkanindrapenglihatanuntukmenangkappesanatauu
mpanbalikdarilawanbicaranyadenganmenggunakanteknikbacabibirataulips reading. Selain itu
pada metode pembelajarannya yaitu Metode Maternal Reflektif ditemukan kelebihan dan
kekurangannya. Kelebihannya MMR sangat efektif dan membantu anak tunarungu dalam
membentuk pola komunikasinya apabila diajarkan dari awal mula pendidikan pada lembaga
tersebut, sedangkan kekurangannya MMRbagi anak tunarungu menjadi tidak efektif apabila
proses pembelajaran tidak diajarkan dari tahapan awalnya.
Kata Kunci: Pola Komunikasi Anak Tunarungu, Metode Maternal Reflektif

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Anak Tunarungu, Metode Maternal Reflektif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 20 Jan 2017 07:17
Last Modified: 10 Sep 2024 01:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11012

Actions (login required)

View Item View Item